Pura Besakih, Pura Terbesar Umat Hindu di Bali

Diposting pada

Pura Besakih merupakan lokasi pusat kegiatan keagamaan umat Hindu yang berada di Bali. Selain untuk bersembahyang, Pura terbesar di Indonesia ini merupakan salah satu objek wisata yang harus dikunjungi ketika berada di Pulau Dewata.

Pura Besakih disebut juga Pura Agung Besakih terdapat di desa Besakih Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem. Di dalam era Pura ini ada sekitar 18 Pura pendamping, yang membuat kawasan ini selalu ramai dikunjungi masyarakat ketika ada acara keagamaan.

Dulunya Pura ini berupa bangunan yang didirikan di sebuah hutan belantara. Namun seiring berkembangnya budaya dan keagamaan di desa Besakih, Pura ini kemudian mengalami pemugaran dan pembangunan sampai sekarang. Itulah kenapa kemegahan Pura Besakih tidak boleh dilewatkan ketika Anda berkunjung ke Bali.

 

Daya Tarik Pura Besakih

Ketika berkunjung ke Pura Besakih, Anda harus bersiap menikmati sejumlah keindahan alam yang luar biasa di wilayah Gunung Agung. Karena area ini sudah dikonsep seperti istana Dewa yang terletak di lereng gunung. Daya tarik dari Pura Besakih antara lain:

Sejarah

Pura Besakih memiliki daya tarik dari sejarah panjang pembangunannya. Resi Markendya yang singgah di kawasan ini kemudian memperoleh wahyu untuk melakukan pembabatan hutan. Kemudian setelah melalui sejumlah gangguan, bangunan Pura ini kemudian selesai dalam dua kali proses pembabatan.

Budaya Hindu

Untuk mengetahui secara lengkap semua budaya umat Hindu, wisatawan bisa mendapatkan banyak informasi dari Pura Besakih. Dimana di dalam kompleks bangunan ini sudah terdapat cerita lengkap mengenai semua upacara dan cara beribadah umat Hindu.

Pemandangan Alam

Bukan hanya memiliki bangunan yang cantik saja, suasana di sekitar Pura Besakih memang sangat mengagumkan. Nuansa alam yang memukau membuat wisatawan bisa mendapatkan banyak foto-foto keren ketika berkunjung kesana. Karena berada di lereng gunung, suasana tenang dan sejuk akan semakin menyempurnakan liburan Anda.

Pura Besakih dibuka pukul 07.00 sampai 17.00. Harga tiket masuk ke lokasi Pura adalah Rp 30.000 untuk wisatawan lokal. Sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan harga Rp 60.000 setiap orang.

 

Untuk menikmati suasana Pura Besakih dan destinasi wisata disekitarnya, silahkan kunjungi Baliventur.com untuk mendapatkan paket wisata lengkap dengan harga terjangkau. Liburan Anda ke Pulau Dewata pun akan semakin sempurna bersama agen kami.