Sari Kedelai untuk Ibu Hamil yang Bermnafaat dan Cara Mengolah Menjadi Susu kedelai

Diposting pada

Susu kedelai terbuat dari kacang kedelai yang diproses dengan digiling terus direbus. Susu kedelai adalah susu nabati bebas kolesterol, rendah lemak jenuh dan laktosa. Dengan demikian, susu nabati ini juga dapat menggantikan susu sapi atau kambing.

Susu nabati seperti susu kedelai bisa menjadi solusi utama yang murah dan terjangkau. Berbagai nutrisi dalam susu kedelai, seperti folat, vitamin, protein, dan karbohidrat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Akan tetapi perlu diingat, susu kedelai bisa bermanfaat untuk ibu hamil jika dikonsumsi tidak berlebihan dan secara teratur.

Walaupun susu kedelai mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan, biji kedelai mengandung glisinin dan conglycinin, yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang dengan alergi makanan tertentu. Makan dengan porsi yang tepat akan membawa banyak manfaat bagi ibu hamil. Berikut manfaat dan cara mengolah kedelai menjadi susu kedelai.

Manfaat Sari Kedelai untuk Ibu Hamil

1. Kandungan karbohidrat untuk lebih banyak energi

Manfaat pertama susu kedelai untuk ibu hamil adalah meningkatkan tingkat energi. Ini, tentu saja, tergantung pada kandungan karbohidratnya. Karbohidrat sebagai sumber energi merupakan salah satu nutrisi terpenting bagi ibu hamil.

2. Protein untuk mendukung perkembangan janin

Kandungan proteinnya yang tinggi menjadikannya salah satu manfaat susu sari kedelai untuk ibu hamil bermanfaat meningkatkan perkembangan janin. Selain itu, protein berkualitas tinggi berkontribusi pada pembentukan jaringan organ yang baik untuk perkembangan janin dan dapat membantu memperbaiki sel-sel dalam tubuh.

3. Tentukan kebutuhan vitamin D dan kalsium Anda

Manfaat lain susu kedelai untuk ibu hamil adalah memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium. Bagi sebagian yang sensitif terhadap sinar matahari bagi ibu hamil, susu kedelai bisa menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan vitamin D hariannya.

BACA JUGA  Kenapa Orang Berumur Lebih Rentan Terkena Batu Ginjal

4. Zat besi untuk mengurangi resiko anemia

Anemia adalah masalah umum bagi ibu hamil. Jika tidak diobati, anemia dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan bayi berat lahir rendah.

5. Asam folat mengurangi risiko cacat lahir

Manfaat lain susu kedelai untuk ibu hamil adalah mengurangi risiko penyakit bawaan pada janin. Asupan folat yang cukup sangat penting karena dapat merangsang perkembangan sel saraf pada janin.

Cara Mengolah Kedelai Menjadi Susu

Bahan-bahan

  • 500 gr kedelai sesuai selera
  • 20 sendok makan gula pasir
  • 10 sendok teh vanili
  • 5 sdt garam
  • 2500 ml air mineral

Cara membuat

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan kacang kedelai. Cuci kedelai, lalu rendam selama setidaknya 8 jam atau 1 malam. remas kacang kedelai di pagi hari untuk dikupas, atau Anda bisa menggunakan mesin klecep kedelai agar lebih praktis.
  2. Pastikan ari kulit kedelai dibersihkan jika tidak susu akan menjadi lunak. Jika pada kedelai sudah tidak terdapat kulit ari sama sekali, bilas kedelai  tersebut lalu rebus selama 5 menit.
  3. Siapkan kedelai bersih, lalu giling sampai empuk bisa menggunakan mesin giling kedelai.
  4. Saring susu kedelai dengan kain tipis. Diusahakan menggunakan saringan yang rapat jang menggunakan saringan kelapa agar tidak ada ampas yang tersisa. Peras kedelai hingga kering.
  5. Ambil wajan dan tambahkan jus kedelai, gula, vanila, dan garam. Masak selama 5 menit, aduk sesekali. Jika ada busa, angkat dan buang.
  6. Jika sudah, susu kedelai siap disajikan.

Demikian artikel yang saya jelaskan semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba, terimakasih.

BACA JUGA  7 Manfaat yang Bisa Anda Rasakan Setelah Mengkonsumsi Sawo Manila