Senyawa Anthraquione Bahan Alami dalam Mengkudu, Kenali Manfaatnya

Diposting pada

Anda mungkin lebih mengenal buah mengkudu berkat aroma khasnya yang kurang Anda sukai. Padahal buah satu ini dikenal pula sebagai buah kaya khasiat. Dan salah satu penyebabnya adalah kandungan dari senyawa unik bernama senyawa Anthraquinone. Apa sebenarnya senyawa Anthraquinone ini dan bagaimana manfaatnya untuk tubuh?

Apa Sebenarnya Senyawa Anthraquinone?

Secara kimiawi, senyawa ini merupakan salah satu bentuk fenolik yang masuk dalam golongan quinone. Anda dapat menemukannya pada banyak tanaman, namun pada  buah mengkudu kadarnya relatif dominan. Selain pada buah mengkudu, senyawa ini juga banyak Anda temukan dalam lidah buaya.

Senyawa ini dikenal dengan pigmen hijau kekuningan yang cukup kuat. Hingga produk ekstraksinya juga lazim digunakan sebagai pigmentasi pada industri tekstil. Namun, sebenarnya senyawa Anthraquinone memiliki banyak manfaat kesehatan.

Inilah yang akan coba kita bahas pada kesempatan kali ini. Apa saja sebenarnya manfaat kesehatan dari senyawa Anthraquinone ini. Dan adakah efek samping yang muncul menjadi resiko bila Anda mengkonsumsinya dengan tidak tepat?

senyawa anthraquinone dalam mengkudu

Manfaat Senyawa Anthraquinone

Dalam sejumlah riset, terbukti akan adanya manfaat kesehatan dari senyawa  Anthraquinone ini. Dan beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Baik untuk sistem pencernaan

Ada sejumlah alasan mengapa Anthraquinone baik untuk kesehatan pencernaan. Salah satunya karena senyawa ini memiliki efek pencahar alami yang aman. Kinerjanya membantu menjaga kadar air dalam feses untuk tetap imbang. Sehingga feses akan cukup lunak untuk dikeluarkan. Senyawa ini juga memberi efek meningkatkan peristaltik usus besar. Sehingga proses BAB berjalan lancar

Sebagai anti bakteri

Dalam sejumlah riset dipastikan dalam senyawa ini terkandung elemen yang dapat bekerja sebagai anti bakteri. Ini akan baik untuk membantu dalam menyembuhkan infeksi. Terutama jenis infeksi ringan sedang, mulai dari keluhan infeksi pada kulit, lambung dan paru paru.

Sebagai anti inflamasi

Inflamasi secara awam dapat disebut sebagai peradangan. Artinya mengonsumsi makanan alami yang mengandung Anthraquinone akan baik sekali membantu mencegah sekaligus menghambat perkembangan peradangan. Efek anti inflamasi dalam mengkudu sangat kuat karena elemen Anthraquinone dalam mengkudu sendiri sangat khas, karena efek dari senyawa damnachantal yang meningkatkan efektivitas dari Anthraquinone.

Sebagai anti nyeri

Selain bekerja sebagai anti radang, terbukti pula bahwa mengkudu juga memiliki efek anti nyeri. Ini berkat efeknya dalam menurunkan kepekaan sistem saraf terhadap senyawa  prostaglandin yang menjadi pusat penyebab munculnya infeksi.

Mengatasi Arthritis

Dalam Journal Of The American Podiatric Medical Association, tahun 2006 dijelaskan adanya efek anti nyeri dan anti radang dalam senyawa Anthraquinone. Senyawa ini juga terbukti memberi hasil sangat baik ketika dikonsumsi oleh penderita tumor.

Baik untuk imun tubuh

Dalam senyawa Anthraquinone ditemukan adanya kemampuan untuk menstimulasi sel sel T dan sel sel B untuk lebih aktif. Hasilnya selsel T dan sel sel B akan bekerja dengan kualitas dan kuantitas optimal. Dengan kemampuan sel B dan sel T yang aktif maka dengan sendirinya tubuh akan mengalami peningkatan daya tahan tubuh.

Baik sebagai anti kanker

Sebagaimana peran sel B dan sel T yang ditingkatkan, maka tubuh jjuga tidak memiliki ketahanan lebih baik untuk mencegah kanker dan membantu menghambat perkembangan dari kanker.

Adakah Efek Samping Senyawa Anthraquinone

Soal efek samping, sebenarnya mengkudu tercatat memiliki sejumlah efek samping, terutama bila Anda mengkonsumsinya berlebihan. Berdasar data ditemukan sejumlah kasus efek samping senyawa Anthraquinone yang menunjukan reaksi mual pusing. Kemudian reaksi nyeri kaki juga kadang muncul pada saat kadar asam urat tinggi.