Strategi Promosi Online: Bentuk, Strateginya dan Seberapa Pentingnya

Diposting pada

Promosi menjadi hal yang paling penting di dalam berbisnis. Seiring dengan semakin majunya zaman, cara berpromosi usaha/bisnis sekarang ini semakin mudah, yaitu dengan menggunakan promosi online. Strategi promosi online juga sangat dibutuhkan untuk kemajuan usaha/bisnis itu sendiri.

Oleh karena pentingnya proses promosi dalam bisnis sebagai sebuah strategi marketing, maka ini perlu membutuhkan biaya yang juga diambil dari modal usaha. Walaupun ada sejumlah tempat promosi online yang gratis, seperti media sosial.

Mengapa Menggunakan Promosi Online?

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat para pengusaha lebih memilih menggunakan promosi online, sebagai cara untuk memperkenalkan produk dengan lebih baik. Cara online dalam berpromosi juga menjadi lebih efektif dengan hasil yang lebih optimal.

Promo online juga bisa dilakukan kapan saja karena bisa diakses oleh siapapun selama 24 jam penuh dan tanpa batas waktu. Anda juga bisa memilih media untuk berpromosi online yang mudah dilakukan.

Bentuk-Bentuk Promosi Online

Bentuk-bentuk dari promosi secara online bisa dilakukan melalui cara berikut ini:

1. Marketplace

Salah satu pasar terbesar dalam promosi online saat ini adalah marketplace. Jenis marketplace seperti Shoppee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia dan sebagainya semakin berkembang pesat.

2. Google Adword

Forum pencarian Google juga menjadi bentuk promosi online terbaik saat ini, yang memudahkan setiap orang untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

3. Medsos

Medsos atau media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram, juga bisa menjadi bentuk promosi online dengan hasil paling baik dan menguntungkan.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan di dalam strategi promosi secara online, yaitu:

  1. Menentukan target pasar
  2. Menentukan misi yang ingin dicapai dalam berpromosi
  3. Memilih media promosi yang tepat
BACA JUGA  Pengenalan Forex: Apa Itu Pasar Valuta Asing?

Strategi Promosi Secara Online

Strategi promosi secara online adalah salah satu upaya dalam memasarkan produk secara online, baik gratis maupun berbayar dengan memanfaatkan fitur iklan. Beberapa strategi promosi secara online di antaranya yaitu:

1. Content Marketing

Content marketing ini bisa berupa apa saja, misalnya berupa text, artikel, video gambar, dan sebagainya.

2. Mobile marketing

Merupakan strategi pemasaran yang dimana targetnya adalah para pengguna gadget.

3. Continuous Marketing

Strategi promosi yang satu ini lebih menekankan pada aktivitas promosi melalui media sosial.

Anda bisa memilih strategi promosi online yang cocok dengan produk yang Anda jual, dan bagaimana hasil dari promosi tersebut. Pastikan Anda melakukan strategi promosi ini, karena di zaman serba digital ini akan lebih mudah menjangkau pelanggan dengan online.