Tips Memilih Karpet untuk Rumah Minimalis

Diposting pada

Penataan dekorasi di rumah yang minimalis menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan agar rumah tidak terlihat sesak dan sempit. Anda dapat mencoba untuk menggunakan karpet dalam mempercantik dekorasi ruangan sekaligus juga memberikan kesan yang hangat. 

Salah dalam memilih karpet bisa membuat rumah Anda menjadi terlihat lebih sumpek, oleh karena itu pilihlah karpet yang tepat untuk rumah minimalis Anda.  Pemilik hunian dengan desain minimalis dan pecinta desain interior tentu saja dapat menyulap ruangan yang kecil menjadi terlihat lebih lega dan luas walaupun dengan budget yang minimalis.

Tipe karpet untuk rumah minimalis

1. Karpet dengan pola besar

Secara psikologis otak cenderung menganalisis pola dan juga warna sehingga karpet yang memiliki motif kecil dan rumit akan membuat ruangan terasa sempit. Oleh karena itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghindari karpet dengan motif yang kecil dan padat. Anda bisa memilih karpet yang memiliki motif atau gambar yang besar sehingga bisa memberikan kesan bahwa ruangan tersebut terasa lebih luas. 

2. Warna-warna netral

Warna-warna yang netral atau kalem sangatlah dianjurkan untuk rumah yang memiliki ruangan sempit atau kecil. Pilihlah warna netral yang terang supaya cahaya bisa memantul di ruangan. Tidak hanya itu, warna juga harus disesuaikan dengan warna cat dinding yang digunakan. Anda bisa memilih warna netral seperti abu-abu, cream atau putih yang tentunya akan cocok digunakan di semua ruangan. 

3. Sesuaikan ukuran

Pilihlah karpet yang sesuai dengan ukuran ruangan tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Dengan menggunakan cara ini ruangan yang tergolong kecil dan sempit dapat terkesan lebih luas saat dipandang. Kuncinya adalah dengan memilih karpet dengan motif yang ringan dan sederhana, serta dengan warna yang netral. 

4. Material yang mudah dicuci

Pastikan Anda memilih karpet yang mudah untuk dicuci atau dibersihkan. Selain membantu untuk mempertahankan warna karpet, kebersihkan karpet juga sangat baik untuk kesehatan anggota keluarga di rumah. Apalagi, karpet adalah salah satu dekorasi yang selalu dipijak setiap harinya.

5. Sesuaikan dengan suasana ruangan

Tentunya setiap ruangan memiliki tema yang berbeda-beda. Hal ini, juga akan berpengaruh pada penggunaan warna karpet yang akan digunakan. Setiap warna yang Anda gunakan pada dasarnya bisa mengubah nuansa ruangan. Jika pencahayaan ruang yang ingin dipasangi karpet cukup terang, maka Anda bisa memilih karpet dengan warna gelap. 

 

Pilihan karpet untuk rumah minimalis

Setelah membahas tentang tips memilih karpet untuk rumah yang minimalis. Berikut ini beberapa pilihan karpet yang bisa dijadikan sebagai referensi Anda dalam memilih karpet.

1. Vintage story, Shabby karpet korea

Karpet yang pertama adalah karpet shabby ala korea yang dibuat secara khusus dengan buatan tangan atau handmade. Dengan proses tersebut maka menjadikan produk karpet satu ini akan terasa menarik karena dibuat dengan teknik quiting yang akan mempercantik hunian. Desain yang digunakan juga elegan, sehingga cocok untuk diletakkan di ruang tamu dengan tema shabby chic. 

2. Fonix, karpet busa Malaysia

Karpet satu ini memiliki motif yang sangat bervariasi. Hal ini bisa menjadi alternatif Anda yang hendak mencari karpet untuk tambahan dekorasi ruangan. Karpet ini bisa ditempatkan untuk menyambut kaki Anda saat bangun di pagi hari yang dingin.

3. ARTSY Sweden rugs karpet

Produk satu ini, tidak boleh Anda lewatkan jika ingin membuat ruangan dengan tema Skandinavia. Karpet ini desain dengan simpel namun elegan dan menggunakan warna yang soft. Tentunya dengan desain karpet yang digunakan, maka semakin memperkuat tema yang digunakan pada ruangan minimalis. Ada lima pilihan warna mulai dari abu-abu, hitam, hingga biru. 

4. Karpet lantai maroc black

Anda dapat mencoba menggunakan karpet yang satu ini, jika memiliki desain rumah dengan konsep minimalis. Hal ini karena produsennya menggunakan warna monokrom yang dijadikan sebgai tema terhadap motif karpet yang dibuat. Anda juga bebas memilih motif karena menyediakan lima belas model dan motif yang berbeda di setiap karpetnya. Karpet satu ini dijamin membuat ruangan Anda semakin terkesan minimalis. 

5. Pillow, karpet bulu isi spon busa

Produk karpet satu ini cocok untuk ruangan yang bernuansa berbeda-beda. Ini karena karpet ini memiliki banyak pilihan warna yang bervariasi. Selain itu, pada bagian dalam karpet diisi dengan spons yang akan memberikan kenyamanan saat digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Adanya spon busa ini membuat karpet memiliki ketebalan sekitar kurang lebih 5,5 cm dan menjadikannya lebih empuk saat digunakan. 

 

Itulah tadi penjelasan mengenai tips memilih karpet dan pilihan motif karpet untuk rumah minimalis. Untuk Anda yang sedang mencari layanan jasa untuk mencuci karpet Anda supaya terhindar dari kuman dan bakteri. Anda bisa menggunakan layanan jasa cuci gresik, layanan ini sudah banyak menerima konsumen dan sudah banyak mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Selain itu, proses pengerjaan dilakukan oleh orang yang sudah berpengalam dan sudah dipastikan karpet Anda akan tetap aman.