Tips Mengatasi Water Heater Agar Tidak Bau Gas

Diposting pada

Water heater atau pemanas air adalah sebuah alat untuk menyediakan kebutuhan air panas atau hangat yang biasanya kita gunakan untuk mandi. 

Beberapa pengguna water heater pasti pernah merasakan air yang keluar dari water heater berbau tidak sedap contohnya seperti bau gas, sehingga merasa tidak nyaman saat digunakan untuk mandi. Munculnya bau gas dari air yang keluar dari water heater menandakan bahwa ada ketidakberesan yang terjadi pada water heater. Salah satunya disebabkan oleh kebocoran gas yang terjadi pada water heater.

Ciri-Ciri Kebocoran Gas Pada Water Heater

Berikut adalah ciri-ciri kebocoran gas yang wajib anda waspadai:

1. Bau Gas Yang Menyengat

Bau gas yang menyengat menjadi salah satu ciri-ciri yang sangat jelas akan terjadinya kebocoran gas.

2. Desisan Gas

Jika terdengar suara desis an yang timbul dari water heater ini bisa jadi menunjukan adanya kebocoran gas.

3. Kondisi Fisik Pada Water Heater

Periksa apakah ada tanda-tanda kerusakan fisik yang terjadi seperti retak pada pipa penyambung gas. Hal ini dapat menjadi tanda terjadinya kebocoran gas pada sistem.

4. Berkurangnya Tekanan Gas

Jika tekanan gas pada tabung gas terlihat turun tanpa sebab yang jelas, maka ini bisa menjadi tanda-tanda terjadinya kebocoran gas yang wajib kita waspadai.

5. Pembakaran Tidak Sempurna

Jika api yang keluar dari water heater berwarna kuning atau terdapat tanda-tanda pembakaran yang tidak sempurna, bisa dipastikan terjadinya kebocoran gas pada sistem pembakaran.

Beberapa masalah tersebut patut Anda waspadai agar tidak menimbulkan hal yang tidak Anda inginkan. Jika Anda mencurigai adanya kebocoran gas pada pemanas air, segera matikan aliran gas dan bawa pemanas air ke ahli gas terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki dengan aman. Kebocoran gas yang tidak segera ditangani dapat menjadi sangat berbahaya dan mengancam keselamatan. 

BACA JUGA  Jenis Mata Uang Terendah di Dunia

Beberapa Tips Mengatasi Water Heather Agar Tidak Bau Gas

1. Memiliki Ventilasi Udara Yang Baik

Pastikan ventilasi udara disekitar ruangan yang memuat water heather seperti di kamar mandi memiliki ventilasi udara yang baik/tidak tertutup rapat, karena jika tidak ada ventilasi di sekitar ruangan yang memuat water heather jika water heather tersebut dihidupkan maka gas pada water heather akan tetap berada diruangan tersebut sehingga dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap dan gas beracun seperti karbon monoksida (CO) yang pastinya dapat membahayakan kesehatan kita.

2. Pilih Water Heater Berkualitas

Pilihlah water heater yang berkualitas, karena jika anda memilih water heater yang berkualitas tinggi akan menghasilkan pembakaran gas yang sempurna sehingga kemungkinan adanya kebocoran gas pada water heater sangat rendah. Karena water heater sudah memiliki sistem pembakaran dengan kualitas tinggi dan sudah pasti teruji keamanannya.

3. Pastikan Menggunakan Bahan Bakar Yang Berkualitas

Pastikan bahwa bahan bakar yang anda gunakan memiliki kualitas yang baik, jika menggunakan gas alam pastikan bahan bakar yang digunakan berasal dari sumber yang terpercaya.

Jangan Menggunakan bahan bakar yang tidak berkualitas dan sudah kadaluarsa. Agar tidak menimbulkan hal yang tidak anda inginkan.

4. Melakukan Perawatan Pada Water Heater

Lakukanlah perawatan berkala pada water heater yang Anda gunakan, hal ini meliputi pembersihan dan penggantian mesin dari water heater yang sudah rusak. Maka kinerja water heater akan tetap optimal sehingga tidak menimbulkan bau gas yang tidak sedap yang membuat anda tidak nyaman bahkan merasa jijik menggunakan air yang berbau tidak sedap.

5. Hindari Dari Benda Yang Mudah terbakar

Jauhkan water heater dari benda yang mudah terbakar seperti korek api, kertas, plastik. Karena dapat menimbulkan kebakaran yang dapat memicu bau gas yang tidak sedap dan pastinya dapat membahayakan Anda.

BACA JUGA  Panduan Lengkap: Tips Memilah Layanan Rental Mobil di Bekasi

 

Dengan menerapkan tips diatas, diharapkan pemanas air tidak menimbulkan bau gas dan pastinya aman dan nyaman saat digunakan. 

Dan apabila Anda mengalami water heater yang timbul bau gas Anda tidak perlu khawatir karena setiap masalah pasti ada solusinya, serahkan masalah tersebut kepada Service Ariston Jakarta spesialis service water heater dengan standar perbaikan terbaik di Indonesia.