Waspadai! Inilah 6 Penyebab Kanker Mulut yang Harus Anda Tahu

Diposting pada

Kanker mulut merupakan salah satu kanker yang tumbuh dan berkembang di bagian dalam mulut. Misalnya seperti pada bibir, lidah, gusi, dinding mulut, dan langit-langit mulut. Kanker mulut ini dapat menyebar langsung ke jaringan yang berada di sekitar mulut. Bisa juga menyebar melalui kelenjar getah bening.

Kanker mulut termasuk salah satu jenis kanker yang jarang terjadi. Terdapat hanya sekitar 2 persen kanker mulut yang terjadi dari seluruh kasus kanker yang ada. Kanker mulut kebanyakan menyerang lanjut usia yang berusia 50 sampai 75. Kanker mulut juga lebih banyak terjadi pada pria daripada wanita.

Sama seperti kanker pada umumnya, kanker mulut juga terjadi karena mutasi DNA. Sehingga, pertumbuhan sel menjadi tidak terkendali. Pertumbuhan sel ini menyebabkan kerusakan pada jaringan disekitarnya.

Perlu diketahui bahwa kanker mulut dapat menyebabkan sekitar 300.000 kematian dari total 529.000 kasus per tahun. Untuk mewaspadai terjadinya kanker mulut, Anda perlu mengetahui dan mengenali penyebab dari kanker mulut agar Anda dapat berhati-hati.

Untuk mengetahui informasi terkait penyebab kanker mulut, disini kami berbagi informasinya.

Penyebab Kanker Mulut

kanker mulut

1. Paparan sinar matahari yang berlebihan

Sinar matahari memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, jika paparan sinar matahari yang berlebihan mengenai bibir, maka hal itu dapat menyebabkan terjadinya kanker mulut.

2. Human papilomavirus

Human papilomavirus atau yang dikenal sebagai HPV dapat menyebabkan terjadinya kanker mulut, khususnya HPV 16. HPV ini merupakan salah satu virus yang ditularkan melalui hubungan seksual.

3. Penggunaan tembakau

Penggunaan tembakau baik itu tembakau yang ada pada rokok, maupun tembakau yang dikunyah dengan buah pinang ternyata dapat menyebabkan kanker mulut. Hal ini dikarenakan tembakau itu mengandung zat karsinogen.

Zat karsinogen ini dapat memicu dan mempercepat berkembangnya sel kanker. Kebiasaan merokok juga membuat 6 kali lebih mungkin seseorang itu menderita kanker mulut.

4. Mengonsumsi minuman beralkohol

Seseorang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol, maka orang tersebut akan 6 kali lebih mungkin akan mengalami kanker mulut. Hal ini dikarenakan kandungan berbahaya pada alkohol dapat merusak DNA dan mempercepat perkembangan sel kanker.

5. Pola makan

Pola makan yang tidak baik juga dapat menyebabkan kanker mulut. Orang yang jarang mengkonsumsi buah dan sayur, dan cenderung mengkonsumsi daging dan makanan yang digoreng memiliki risiko mengalami kanker mulut yang lebih besar.

6. Faktor usia

Risiko terjadinya kanker mulut juga disebabkan oleh faktor usia. Kanker mulut ini biasanya terjadi pada lansia yang berumur sekitar 50 tahunan.

Itulah beberapa penyebab kanker mulut yang harus Anda ketahui. Hal ini juga perlu Anda perhatikan untuk mencegah terjadinya kanker mulut pada diri Anda. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Untuk itu, mulailah dengan hidup sehat.