Benda-Benda Ini Tidak Boleh Kamu Buang Ke Tempat Sampah, Dampaknya Bahaya Lho

Diposting pada

Sejak kecil kita semua tentu diajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya. Tapi mungkin zaman dulu belum ada tempat khusus sampah organik dan anorganik seperti sekarang. Segala jenis sampah pun masih dibuang ke dalam satu wadah yang sama.

Namun saat ini kita sama-sama dituntut untuk lebih jeli dalam memilah antara sampah ramah lingkungan yang masih bisa dimanfaatkan kembali dengan sampah yang dihasilkan dari proses pengolahan. Tentunya hal ini bertujuan supaya sampah diperlakukan sebagaimana mestinya, demi keberlangsungan lingkungan.

Supaya lebih waspada terhadap kesehatan, keamanan dan lingkungan. Yuk simak penjelasan apa saja sampah yang jangan di buang ke dalam tempat sampah fiber ya :

1. Korek gas

Korek gas yang sudah tidak terpakai sering dibuang begitu saja ke tempat sampah. Bahkan ada pula yang sengaja meninggalkannya di tempat terbuka. Padahal beberapa kasus yang sering terjadi, korek gas yang secara tidak sengaja diletakkan dalam ruang terbuka dan terkena sinar matahari bisa meledak tiba-tiba. Apalagi jika di dalamnya masih ada cairan gas.

Akan lebih berbahaya jika kita melemparnya begitu saja ke tempat sampah, bisa pula jika sampah akhirnya dibakar tentu akan membuat korek gas meledak dan membahayakan lingkungan. Akan lebih baik jika bekas korek gas ini diberikan kepada tukang isi ulang korek gas supaya bisa digunakan kembali.

2. Bahan kimia yang terkandung dalam obat-obatan

Jika kamu memiliki obat-obatan yang belum habis diminum karena sudah sembuh atau obat yang sudah kadaluarsa. Jangan dibuang ke tempat sampah ya. Hal ini karena bahan kimia didalamnya memiliki efek buruk terhadap lingkungan dan obat yang dibuang begitu saja bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mengatasinya kamu bisa mengumpulkan sisa obat dan membawanya ke apotek atau rumah sakit yang nantinya akan dimusnahkan dengan cara yang aman. Sedangkan untuk jenis vitamin kamu bisa pakai sebagai pupuk penyubur tanaman lho.

Sebenarnya masih banyak sekali jenis sampah yang jangan kamu buang sembarangan ke tempat sampah. Tapi semoga dengan informasi ini kita bisa menjadi lebih bijak dalam mengelola sampah. Karena siapa lagi yang akan menjaga kelestarian bumi jika bukan kita sendiri.