Manfaat Alam Bagi Manusia

Diposting pada

Alam sendiri yaitu tempat dimana kita tinggal dan juga alam memberikan segudang manfaat bagi manusia maupun hewan karena telah disediakan berbagai bahan pangan maupun kebutuhan lainnya.

Akan tetapi manusia sendiri sering lupa akan menjaga alam atau lingkungannya, sehingga di era sekarang alam kita agak sedikit mengalami kerusakan karena sudah beralih fungsi dari yang dulunya menjadi penghasil oksigen ataupun sumber makanan bagi manusia dan hewan.  

Namun sekarang tumbuhan yang ada di hutan sudah banyak ditebangi maupun lahan di hutan diubah menjadi gedung pencakar langit dan diambil manfaatnya secara berlebihan yang mengakibatkan rusaknya kondisi alam sekitar.

Sumber daya alam

Maka dari itu kita harus selalu menjaga alam kita agar supaya kondisi alam kita ini mampu menjaga keseimbangannya agar tidak rusak dan juga kelak anak cucu kita dapat menikmati sumber daya alam secara terus menerus dengan baik.

Salah satu contoh menjaga alam yaitu dengan tidak mengambil manfaatnya secara berlebihan ataupun dilarang membuang sampah sembarang. Karena secara perlahan akan merusak lingkungan sekitar kita maupun alam kita yang tercinta ini.

Kunjungi juga https://alamalami.com/ untuk mendapatkan informasi mengenai sumber daya alam maupun tentang ilmu pemanfaatan lingkungan sekitar.

Manfaat Alam Bagi Kehidupan Manusia

Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung dengan kta mengambilnya seperti bahan pangan padi, kayu maupun yang lainnya. Berikut Manfaat alam bagi manusia :

      1. Sebagai Sumber Daya Pangan

Salah satu manfaat dari sumber daya alam yang penting ialah sebagai pemenuhan kebutuhan pangan manusia dan juga hewan. Sumber daya alam yang berasal dari hewan dan tumbuhan merupakan sumber daya utama untuk memenuhi kebutuhan pangan. 

BACA JUGA  Perbedaan Kayu Kamper Dan Meranti

Contoh sumber daya yang bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan makanan misalnya ikan untuk aneka masakan, padi untuk pembuatan tepung dan makanan pokok, ayam dan bebek untuk dimanfaatkan telur dan daging, sapi dan kambing untuk diambil daging dan susunya, kedelai untuk bahan pembuatan kecap, dan sebagainya..

      2. Sumber Oksigen

Yang paling penting ialah alam sampai saat ini masih digunakan sebagai sumber utama oksigen bagi manusia dan hewan, namun jika alam kita setiap hari mengalami kerusakan maupun dimanfaatkan secara berlebihan maka itu kurang baik. Karena bisa saja merusak alam. Sehingga salam sendiri akan menghasilkan oksigen yang kurang berkualitas karena sudah jarang ada tumbuhan.

      3. Sumber Bahan Bakar dan Energi

Untuk yang ketiga ini juga tidak kalah penting karena alam kita sendiri telah menyediakan berbagai macam sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia salah satunya yaitu berupa minyak bumi dan gas misalnya, bermanfaat sebagai sumber bahan bakar yang bisa menghidupkan listrik, kendaraan bermotor, juga kompor yang bisa dipakai untuk mengolah makanan. Tetapi usahakan jika mengambil sumber daya alam jangan terlalu berlebihan karena dapat merusakan keseimbangan alam.

      4. Sumber Mata Penghasilan dan Mata pencaharian

Sampai saat inipun masih banyak sekali masyarakat yang ada di Indonesia mengandalkan  alam sebagai sumber penghasilan utama mereka karena mungkin tempat tinggal yang dekat dengan alam.

Contohnya para petani yang menggantungkan alam seperti tanah dan air supaya tumbuhan mereka dapat hidup dengan baik ataupun para penambang yang juga menggantungkan hidup hasil hasil tambang mineral yang ada di alam.

 

BACA JUGA  Pemanfaatan Sabut Kelapa yang Beragam dan Menguntungkan