Cara Menanam Mawar

Diposting pada

Merawat bunga mawar itu sangatlah mudah, siapapun bisa menumbuhkannya di mana pun termasuk dalam pot atau di pekarangan rumah. Nah, untuk lebih jelasnya Anda perlu memperhatikan bagaimana cara menanam mawar yang baik dan benar agar cepat berbunga.

Bagaimana Cara Menanam Mawar yang Baik dan Benar?

Ada beberapa cara mudah bagi Anda yang ingin menanam bunga mawar di rumah sebagai penghias pekarangan atau halaman rumah agar tampak lebih hidup. Mengingat bunga ini dapat tumbuh di mana saja asal terpapar sinar yang cukup saja Anda sudah bisa menanamnya.

Pilih Bibit Mawar Terlebih Dahulu

Salah satu upaya yang harus dilakukan sebelum menanam bunga mawar yaitu memilih bibit terbaiknya terlebih dahulu agar nantinya mawar dapat tumbuh dengan sehat. Untuk memastikan bibit tersebut bagus atau tidak, Anda bisa menyiramnya dengan air. Lihat apakah tenggelam atau tidak. Jika tenggelam, maka bibit tersebut dalam keadaan baik dan Anda bisa langsung memilihnya untuk menjalani proses selanjutnya yaitu pembenihan. Namun, sebaliknya bila bibitnya terlihat mengapung maka tak layak untuk dipilih apalagi dipakai.

Persiapan Serta Penyemaian Bibit

Sebelumnya Anda perlu memilih bunga mawarnya terlebih dahulu, pastikan buah bunganya berasal dari tanaman yang telah berproduktif / berbunga. Anda juga perlu memastikan apakah bunganya sudah matang atau tidak. Selanjutnya adalah proses penyemaian benih. Sebelum penyemaian, pilihlah biji yang sudah busuk, dan juga benihnya harus bersih. 

Setelah dicuci anginkan benihnya terlebih dahulu lalu tempatkan di teduh, simpan lalu lakukan penyemaian dengan jarak 7-13 cm, tunggulah sampai 4 minggu. Bila sudah 1 bulan mawar boleh dipindah.

Mengolah Media Tanam Untuk Bunga Mawar

Cara menanam mawar selanjutnya yaitu mengolah media tanamnya. Seperti tanaman pada umumnya, bunga mawar juga memerlukan media tanam yang kaya dengan bahan organik, subur dan juga gembur.

Biasanya untuk dapat budidaya mawar dilakukan di pekarangan rumah atau kebun dengan skala besar. Akan tetapi tidak apa-apa jika Anda melakukan di halaman rumah yang kecil, dalam pengolahan tanahnya harus dicampur pasir serta pupuk kandang antara 5 : 2 : 3.

Setelah mengetahui berbagai macam cara menanam mawar diharapkan Anda bisa mengolah media tanam sampai merawatnya. Perlu diketahui bahwa seperti tanaman pada umumnya, siram bunganya secara rutin atau secukupnya saja.

Kunjungi : https://www.tanam.co.id/