Furniture dari Kayu Kelapa

Diposting pada

Kayu kepala adalah salah satu bahan baku dalam membuat furniture, namun memang tidak begitu populer. Dijepara sendiri kayu kelapa digunakan menjadi bahan baku untuk membuat gazebo dan rumah kayu. Namun tidak semua jenis kayu kelapa bisa digunakan.

Kayu kelapa yang bisa digunakan dan awet adalah jenis kayu kelapa yang keras dan kuat seperti kayu kelapa dari daerah sulawesi. Kayu kelapa yang memiliki usia tua bisa terlihat dari segi penampang kayu yang semakin gelap. Yang lebih tua semakin keras dan semakin kuat terhadap hama penyakit kayu dan lainnya.

Kami disini akan menjelaskan berbagai karakteristik dari kelebihan sampai kekurangan menggunakan kayu jenis ini. Karena banyak jenis kayu kelapa maka perlu dipelajari bagaimana menggunakan kayu kelapa jenis ini yang berkualitas.

Beberapa kelebihan kayu kelapa untuk produk furniture

  • Harga furniture kayu kelapa lebih murah dan terjangkau dari pada kayu jenis lainnya seperti kayu jati, kayu mahoni dan juga kayu mahoni.
  • Kuat dan tahan terhadap hama kayu
  • Ukurannya yang lurus dan panjang menjadikan lebih mudah dalam dibuat produk furniture seperti gazebo kayu kelapa.
  • Serat kayu kelapa ini menarik dan unik, karena warna dari seratnya berbeda beda dari segi warna.
  • Lebih ramah lingkungan karena jenis kayu ini tumbuhnya lebih cepat dan masih melimpah. Sehingga lebih ramah dibanding menggunakan material jenis kayu lainnya

Kekurangan kayu kelapa

  • Serta yang tajam, bila tidak pandai meghaluskan jenis kayu ini. Kayu kelapa ini memiliki serat yang tajam seghingga berbahaya bila terkena anak atau yang mendudukinya. Untuk itu sebelum dibuat dan digunakan harus dihaluskan terlebih dahulu.
  • Tidak semua jenis kayu kelapa bisa digunakan, kayu kelapa yang bagus biasanya berasal dari sulawesi, kayu dari sana memiliki jenis kayu yang kuat dan keras sehingga cocok untuk produk furniture.
  • Butuh keahlian tinggi dalam pengelolaan kayu kelapa dalam memproduksi furniture kayu kelapa ini.

Nah di jepara sendiri kayu kelapa yang digunakan banyak yang diambil dari sulawesi, biasanya digunakan untuk gazebo, nah bila anda berminat dengan gazebo dari kayu kelapa bisa langsung website https://www.cahayameubel.com dengan berbagai pilihan model yang bisa anda sesuaikan dengan dekorasi taman rumah anda.

Semoga informasi ini memberikan anda pemahaman mengenai furniture dari kayu kelapa, menambah wawasan anda dari segi material jenis kayu yang digunakan untuk furniture outdoor maupun indoor.