Aneka Kerajinan Batok Kelapa yang Unik dan Lucu

Diposting pada

Aneka kerajinan batok kelapa merupakan salah satu bentuk perlindungan lingkungan karena kita dapat membantu mengurangi keberadaan limbah batok kelapa di lingkungan kita.

Kerajinan Batok Kelapa

Sabut kelapa umumnya cuma digunakan untuk bahan bakar rumah tangga yang masih menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakar. Di daerah penghasil kelapa, batok kelapa ini sering kali dibuang tanpa dimanfaatkan terlebih dahulu. Dalam beberapa daerah, sabut kelapa digunakan oleh produk pembuatan genteng dan bata sebagai bahan bakar untuk proses pembakaran.

Indonesia merupakan wilayah kepulauan dengan banyak tumbuhan kelapa. Kita sudah belajar bahwa tumbuhan kelapa mempunyai berbagai fungsi mulai dari akar hingga daunnya. Salah satu contohnya adalah sabut kelapa yang biasanya dibuang begitu saja, namun sabut kelapa bisa didaur ulang menjadi kerajinan batok kelapa yang lebih bermanfaat.

Selama ini buahnya digunakan sebagai santan dan minyak. Batang kelapa dipakai sebagai pondasi bangunan lalu daun kelapa dapat digunakan sebagai pembuatan sapu, dll. Limbah sabut kelapa yang baru dibuang terbukti dapat menjadi produk yang bermanfaat bagi lingkungan dan juga dapat meningkatkan pendapatan pada sektor ekonomi.

Tetapi, terdapat sejumlah pengrajin yang menggunakan sabut kelapa ini untuk diproses menjadi alat yang mempunyai nilai ekonomis. Ini juga merupakan salah satu cara untuk melestarikan lingkungan dengan efisien.

Di Indonesia, berbagai tumbuhan kelapa berkembang subur pada pesisir pantai. Banyaknya tanaman bermanfaat ini seringkali membawa banyak nutrisi bagi mereka yang ingin meningkatkan kreativitas mengolahnya.

Coconut fiber atau disebut juga sabut kelapa adalah bahan baku dalam pembuatan berbagai produk kerajinan tangan. Cocofiber yang teksturnya kasar serta menggumpal bisa dibuat menjadi serabut halus dengan dua metode, yakni metode tradisional serta metode modern.

Buah kelapa mempunyai berbagai manfaat. Daun, batang dan buahnya dapat kita manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Batok kelapa dapat juga kita jadikan kerajinan tangan yang unik, mempunyai nilai seni serta mempunyai penjualan yang cukup tinggi.

Nilai ekonomis alat kerajinan tangan batok kelapa tentulah cukup tinggi. Maka dari itu, kita memerlukan berbagai karya kerajinan seni bila Anda berkehendak membikin kerajinan tangan dari batok kelapa yang berkualitas tinggi.

Jika kita berbicara tentang kerajinan tangan yang memiliki bahan dasar kelapa, batok kelapa paling sering dan umum digunakan. Batok kelapa ini dapat untuk kita jadikan alat yang tentunya serbaguna. Kita perlu berkreativitas jika kita ingin menghasilkan barang dan alat yang unik dan serbaguna

Manfaat Batok Kelapa

1. Sebagai Pengawet Makanan yang Tidak Berbahaya

Tahukah Anda bahwa batok kelapa dapat menjadi pengawet makanan alami? Cangkang ini terlebih dahulu bisa dibuat menjadi cair. Caranya sedikit tricky yaitu dengan cara mengasapi cangkangnya kemudian keluar cairan kental seperti kecap.

Kumpulkan cairan dalam wadah. Cairan ini dapat kita gunakan sebagai pengawet kayu supaya tidak digerogoti rayap. Jika ingin memanfaatkannya sebagai pengawet makanan, cairannya perlu diproses lebih lanjut. Kemudian bisa diaplikasikan pada bagian makanan yang ingin diawetkan.

2. Dapat Menyaring Air Hingga Bersih

Mungkin Anda salah satu dari sekian banyak orang yang di rumah mengeluh tentang air yang kurang bersih. Tidak semua daerah bisa mendapatkan air bersih. Di beberapa tempat airnya banyak mengandung logam, sehingga tampak keruh. Lalu Anda dapat memakai bahan batok atau sabut kelapa ini.

Jika kita menggunakan batok kelapa, kita bisa menyaring air hingga menjadi bersih. Hal ini terjadi karena batok kelapa memiliki zat arang aktif. Bahan karbon tentunya akan mengikat debu debu di dalam air yang menjadikan air lebih jernih dan bersih setelah melalui saringan sabut kelapa.

3. Dapat Dijadikan Pupuk

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah batok kelapa. Anda dapat menggunakannya untuk pupuk alami organik. Pupuk alami organik ini tentunya bisa menyuburkan tanah dengan maksimal. Zat sabut kelapa yang tentunya alami serta terbebas dari berbagai bahan kimia membuat tanaman yang kita tanam tentunya lebih aman sebagai bahan konsumsi.

Selain itu, karbon aktif yang telah diaktivasi dapat digunakan untuk melapisi pupuk urea. Ini bertujuan untuk mengurai urea secara perlahan. Untuk melapisi pupuk urea dengan karbon aktif, Anda membutuhkan alat untuk membuat pupuk granular.

4. Kerajinan Tangan

Jika Anda memiliki batok kelapa yang banyak, jangan langsung dibuang. Karena batok kelapa ini bisa dijadikan sebagai benda kerajinan tangan dengan nilai yang tinggi. Asalkan kreatif, dijamin tidak akan kesulitan membuat kerajinan tangan alami yang tentunya memiliki nilai seni yang tinggi.

Banyak sekali barang artisanal yang bisa dibuat dari batok kelapa. Misalnya peralatan dapur seperti centong. Ini pun dapat berguna sebagai gayung mandi serta barang yang lainnya.

Aneka Kerajinan Batok Kelapa

1. Lampu Hias

Kita membutuhkan kreativitas, keterampilan serta kemauan sebagai sarana untuk menghasilkan barang yang tentunya memiliki nilai seni tinggi. Contohnya bila berkehendak menggunakan batok kelapa menjadi lampu hias yang indah.

Untuk bahan ini khususnya dengan unik memakai batok kelapa utuh dan menggunakan bahan yang tentunya ramah lingkungan lainnya. Untuk membuatnya secara singkat, menyiapkan satu batok kelapa utuh serta nampan kayu yang memiliki ukuran kurang lebih 12 x 12 cm.

Kita juga harus menyiapkan kawat besi yang berukuran kurang lebih 30 cm serta tali anyaman yang sudah disediakan (tentunya yang berbahan utama batang pisang). Dan untuk yang terakhir, menyiapkan kabel serta lampu, disarankan menggunakan lampu yang berwarna.

Untuk cara pembuatannya, langkah pertama yaitu mengupas kelapanya, setelah itu menggunakan amplas sebagai alat untuk menghaluskan batok kelapa. Langkah selanjutnya yaitu membuat pola pensil di bagian permukaan batok,lalu kemudian menggunakan gergaji sebagai alat untuk membikin lobang di mangkok.

Bagian ini merupakan bagian yang akan kita gunakan menjadi tatakanan lampu. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan kawat ke dalam kayu yang sudah kita sediakan. Lalu selanjutnya memasang kabel serta lampu kedalam penyangga kayu tersebut. Bungkus dengan tali pelepah pisang sehingga tampak seperti batang pohon.

Selanjutnya yaitu menaruh batok kelapa pada bagian atas kawat. Sebagai pemanis, selanjutnya kita perlu mewarnai lampu dengan menggunakan pernis berwarna bening supaya nampak berkilat.

2. Asbak Rokok

Teruntuk masyarakat yang berfikir kreatif, batok kelapa dapat menjadi berbagai alat yang tentunya memiliki bermacam macam manfaat. Anda dapat berbisnis dengan balok kelapa melalui kreativitas anda. Dari berbagai kerajinan yang dapat dibuat menggunakan batok kelapa, asbak rokok merupakan kerajinan yang cukup mudah dibuat.

Anda hanya perlu menyiapkan batok kelapa, sekrup, serta gergaji. Setelah itu Anda juga harus menyiapkan alat amplas, bor khusus kayu. Selanjutnya, Anda perlu mengambil batok kelapa dan menghaluskannya menggunakan amplas sampai bersih serta halus. Lalu Anda harus memotong nya hingga menjadikannya dua bagian lalu mengampelas di bagian dalam.

Pada bagian yang besar digunakan untuk tempat menampung puntung rokok, lalu pada bagian yang kecil akan kita gunakan untuk kaki kaki asbak. Lalu gunakanlah bor untuk membuat lobang pada bagian bawah cangkang serta pasang kaki dan asbak dengan baut. Sebagai pemanis, Anda dapat mewarnai asbak tersebut lalu mengeringkannya.

3. Cangkir Minum

Batok kelapa merupakan bahan yang tidak hanya dapat digunakan menjadi mangkuk, tetapi juga dapat digunakan menjadi cangkir unik yang keren. Meskipun pada proses membuatnya lumayan sulit dikarenakan cangkang tersebut begitu keras, namun akan keren jika kerajinan tersebut sudah selesai.

Untuk alat dan bahan yang digunakan, Anda tentunya memerlukan batok kelapa serta kayu kelapa ataupun sejenisnya sebagai pegangan cangkirnya. Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan gergaji,kuas dan amplas.

Kemudian kita perlu menyiapkan lem fox serta mineral minyak. Langkah berikutnya yaitu memotong kurang lebih 60% dari seluruh bagian kulit. Kemudian mengamplas serta membersihkan bagian dalamnya. Lalu mengaduk secara rata hingga seluruhnya menjadi halus.

Kemudian lanjutkan dengan cara membikin tatakan cangkir melalui potongan-potongan yang tersisa. Langkah berikutnya yaitu merekatkan tatakan dan cangkir tersebut. Serta jangan sampai lupa untuk merekatkannya dengan pegangan cangkirnya.

Setelah itu biarkanlah lem tersebut hingga kering dan kemudian kita menggunakan minyak mineral sebagai alat untuk membuatnya lebih fantastik.

Manfaat dari memberikan minyak mineral ini yaitu kita dapat minum lebih aman dikarenakan minyak mineral tersebut menghilangkan bahan kimia yang terkandung dalam cangkir tersebut yang mengandung bahan kimia.

4. Mangkok Cantik

Kalau memasak makanan dengan santan pasti butuh kelapa ya? Maka dari itu disarankan untuk tidak membuang batok kelapa dikarenakan batok kelapa dapat kita gunakan untuk bahan kerajinan tangan yang tentunya bernilai.

Lebih praktis serta lebih tahan lama sebagai alat untuk kita gunakan. Salah satu dari yang lainnya yaitu mangkok cantik batok kelapa yang tentunya memiliki keunikan serta bernilai ekonomis.

Untuk membuatnya, Anda memerlukan amplas dan gergaji. Serta Anda perlu menyediakan cat minyak serta kuas gambar. Pertama-tama Anda dapat memotong batok kelapa hingga menjadi dua bagian menggunakan gergaji besi. Tetapi pemotongannya disarankan menggunakan perbandingan 60-40.

Bagian yang disebut 60 akan kita gunakan untuk mangkuk lalu bagian 40 akan kita gunakan sebagai bawahan mangkuk. Anda dapat mengupasnya dengan mesin pengupas batok kelapa.

Jangan lupa untuk mengamplas seluruh bagian mangkuk supaya permukaannya halus dan bersih. Lalu menyemprotkan menggunakan bahan food-safe yang tentunya aman untuk digunakan pada makanan, layaknya mineral oil. Lalu disikat menggunakan kuas yang sudah disediakan. Lalu kita keringkan dan mangkok cantik dapat kita gunakan.

Demikian mengenai kerajinan batok kelapa. Dengan memanfaatkan limbah batok kelapa yang sudah tidak terpakai, kita dapat menggunakannya untuk berbagai macam kerajinan sesuai dengan kreativitas kita.

Lalu kita dapat menjual hasil kerajinan tersebut untuk mendukung sektor ekonomi serta dapat melestarikan lingkungan dari sampah serta limbah yang berserakan secara efektif.