Hati-Hati, Inilah 5 Akibat Jika Sofa Anda Jarang Dibersihkan

Diposting pada

Sofa menjadi tempat duduk yang nyaman atau elemen dekoratif yang memberikan kenyamanan dan keindahan pada ruangan. Namun, seringkali kita lupa betapa pentingnya menjaga kebersihan sofa tersebut. Banyak orang yang cenderung mengabaikan kebersihan sofa, entah karena kesibukan atau kurangnya kesadaran akan kebersihan sofa. Padahal, jika sofa jarang dibersihkan dapat menimbulkan beberapa akibat buruk yang dapat merugikan Anda atau keluarga Anda.

Pengaruh Warna dalam Sofa

Warna menjadi salah satu elemen penting pada interior di dalam suatu ruangan, sebab warna tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap nuansa di dalam ruangan tersebut. Selain nuansa ruangan, pilihan warna juga bisa mempengaruhi keseimbangan dari tubuh, pikiran, serta emosi. Pemilihan warna yang diterapkan pada interior ruangan juga erat kaitannya dengan psikologi, termasuk pilihan warna pada sofa tersebut. Karena apabila terjadi kesalahan dalam memilih warna, hal ini dapat berpengaruh pada kondisi Anda serta keluarga Anda. 

Pengaruh warna dalam sofa yang pertama adalah nilai estetika dari suatu ruangan, serta efek visual karena warna-warna terang cenderung membuat ruangan terlihat lebih luas dan terang. Memilih warna pada sofa juga harus serupa atau sejalan dengan warna dinding, karpet, atau aksen dekoratif pada ruangan yang dapat membantu menciptakan suasana yang serasi dan seimbang. Warna tersebut juga dapat memberikan kesan tertentu seperti yang Anda inginkan, seperti energik, hangat, elegan, atau kesan lainnya. Setiap warna juga memiliki asosiasi emosional yang berbeda yang bisa Anda pertimbangkan sesuai dengan nuansa pada ruangan Anda. 

Akibat Sofa Jarang Dibersihkan

Selain memberikan kenyamanan, sofa juga menjadi tempat untuk aktivitas berkumpul dan tempat istirahat yang penting bagi banyak orang. Namun, seringkali perawatan sofa malah justru diabaikan. Perlu Anda ketahui bahwa sofa yang jarang dibersihkan ini memiliki banyak sekali dampak negatif. Berikut merupakan akibat yang dapat terjadi ketika Anda memiliki sofa yang jarang dibersihkan : 

1. Kotoran Menumpuk

Seperti yang Anda ketahui, sofa ini menjadi perabotan yang sangat sering digunakan. Dengan seperti itu dapat disimpulkan bahwa sofa dapat mengumpulkan debu dan juga kotoran secara cepat. Debu dapat dengan mudah menempel pada bagian sofa dan terselip di celah-celah yang tidak terlihat. Jika kotoran-kotoran tersebut tidak dibersihkan secara rutin, dapat terus bertambah hingga menyebabkan ketidaknyamanan ketika menggunakan sofa tersebut. 

BACA JUGA  Tips Menghilangkan Noda di Sofa Berbahan Oscar dengan Mudah

Selain itu, Anda perlu memperhatikan kebersihan sofa Anda lebih dalam lagi ketika memelihara hewan peliharaan. Hewan peliharaan Anda dirumah, dapat menjadi penyebab tambahan penumpukan debu dan kotoran pada sofa. Bulu dan kotoran dari hewan dapat menempel pada permukaan sofa dan meresap ke dalam kain. Hal tersebut dapat menyebabkan penumpukan kotoran yang tidak sehat. 

2. Menimbulkan Banyak Penyakit

Sofa yang jarang dibersihkan dapat menjadi tempat berkembang biak bagi banyak penyakit dan meningkatkan resiko kesehatan bagi yang menempatinya. Penumpukan debu dan kotoran pada sofa yang jarang dibersihkan ini dapat menimbulkan perkara kesehatan yang serius. Adapun penyakit yang sering dikaitkan dengan sofa kotor yaitu alergi. Debu dan tungau yang ada sofa tersebut adalah pemicu umum alergi pernapasan seperti asma, bersin dan lain-lain.

Selain itu, bakteri dan virus juga dapat hidup di permukaan sofa yang jarang dibersihkan. Kuman-kuman ini dapat ditularkan dari orang ke orang karena kontak fisik atau melalui udara saat Anda duduk di sofa. Contoh penyakit yang dapat ditularkan melalui sofa yang kotor yaitu flu, pilek, atau bahkan infeksi kulit.

3. Mempersulit Pembersihan

Kondisi sofa yang jarang dibersihkan ini dapat mempersulit pembersihan yang dilakukan di kemudian hari. Noda dan kotoran yang menimpa akan lebih susah untuk dihilangkan jika dibiarkan terlalu lama. Hal tersebut dikarenakan noda dan kotoran dapat menempel lebih kuat pada permukaan sofa seiring dengan berjalannya waktu. Sehingga dapat menyebabkan sofa tampak lebih kotor dan menyebabkan penurunan kualitas dari sofa.

Selain itu, membersihkan sofa yang telah lama terabaikan ini memerlukan usaha yang lebih besar untuk menghilangkan mikroorganisme yang telah berkembang biak di dalamnya. Untuk itu sangat penting untuk membersihkan sofa secara teratur dengan menggunakan metode yang tepat untuk menghilangkan noda dan kotoran dengan mudah. 

4. Bau Tidak Sedap

Kebersihan sofa yang tidak dijaga secara teratur dapat menyebabkan timbulnya bau tidak enak yang dapat mengusik kenyamanan lingkungan rumah Anda. Sofa yang jarang dibersihkan juga dapat membentuk tempat penumpukan kotoran, sisa makanan dan yang lainnya. Jika dibiarkan terus menerus, hal tersebut akan memicu pertumbuhan bakteri dan jamur yang menghasilkan bau tidak sedap.

BACA JUGA  Jenis Kayu Untuk Furniture

Sofa dengan bau tidak sedap juga dapat menyebar ke seluruh ruangan. Akibatnya, bau tersebut dapat tercium meskipun Anda tidak menempati sofa tersebut. Tentunya hal itu akan menyebabkan penurunan kualitas udara yang ada di dalam rumah. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, mungkin Anda dapat menjaga kebersihan sofa secara teratur dan juga menambahkan pewangi ruangan untuk menjaga kewangian di rumah.

5. Mempercepat Kerusakan

Sofa yang jarang dibersihkan akan menjadi tempat penumpukan kotoran, bakteri, serta jamur yang akan merusak serat sofa Anda. Partikel-partikel debu dan kotoran dapat terikat ke dalam serat sofa dan menyebabkan kerusakan pada jangka panjang, membuat sofa terlihat kusam dan kotor juga. Semisalnya sofa kulit yang tidak dirawat dengan baik dapat mengering, retak, hingga mengelupas, atau sofa kain yang dapat memudar hingga menguning dan rapuh. 

Kenyamanan pada sofa juga dapat hilang seiring waktu apabila sofa jarang dibersihkan, sebab penumpukan kotoran pada serat atau permukaan soda dapat membuatnya terasa kasar dan tidak nyaman untuk digunakan. Penggunaan cairan pembersih sofa dengan bahan kimia yang keras juga dapat merusak bahan sofa Anda. Dengan kerusakan tersebut, Anda harus mengeluarkan anggaran yang lebih untuk memperbaiki atau bahkan mengganti sofa. 

 

Setelah melihat ke-5 akibat dari sofa yang jarang dibersihkan tersebut, maka sangat penting untuk membersihkannya secara rutin. Salah satu caranya adalah menggunakan jasa cuci sofa Semarang sebagai bantuan profesional untuk mencuci sofa Anda. Layanan yang ditawarkan terdapat pembersihan menyeluruh pada sofa dengan menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan produk pembersih yang tepat untuk memastikan sofa Anda bersih namun tetap aman dari kerusakan. Tim profesional yang berpengalaman akan membersihkan sofa Anda, menghilangkan debu, kotoran, noda, serta menyingkirkan bakteri dan alergen yang tersembunyi di dalamnya.