Springbed Bikin Gatal Karena Tungau? Begini Cara Membersihkannya!

Diposting pada

Apakah Anda sering merasa gatal dan tidak nyaman saat tidur di atas springbed? Mungkin saja hal tersebut disebabkan oleh tungau yang ada di dalam spring bed Anda. Tungau adalah makhluk mikroskopis yang dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang. Meskipun ukurannya sangat kecil, namun dampak yang ditimbulkan oleh tungau dapat sangat mengganggu kesehatan dan kenyamanan tidur Anda. Untungnya, ada cara yang efektif untuk membersihkan spring bed dan menghilangkan tungau tersebut.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan bahaya tungau pada springbed dan tips dan trik tentang membasmi tungau di springbed secara efektif untuk mengatasi masalah gatal dan tidur tidak nyaman. Dengan mengetahui cara membersihkan spring bed dengan benar, Anda dapat memiliki lingkungan tidur yang bersih, dan bebas tungau, sehingga tidur Anda menjadi lebih nyaman tanpa adanya gangguan tungau.

Bahaya Tungau pada Springbed 

Memicu Alergi

Tungau pada springbed dapat menimbulkan alergi karena tungau menghasilkan partikel-partikel yang disebut alergen. Alergen protein yang muncul dari kotoran tungau  dapat menyebar ke udara dan terhirup oleh seseorang yang sensitif terhadap debu atau kotoran. Gejala umum yang dialami ketika terkena alergi karena tungau adalah sebagai berikut:

  • Hidung terasa tersumbat 
  • Bersin-bersih
  • Mata gatal dan merah
  • Gatal-gatal pada kulit 
  • Batuk 
  • Sesak napas atau kesulitan bernapas
  • Ruam kulit

Tungau debu rumah sering berkembang biak di tempat yang cenderung memiliki suhu yang lembab salah satunya seperti springbed yang tidak terlalu sering dijemur atau dibersihkan. Mereka juga menyukai tempat-tempat dengan banyak serpihan kulit manusia atau hewan, yang merupakan sumber makanan utama mereka.

Menyebabkan Iritasi pada Kulit 

Selain tungau dapat memicu alergi, tungau juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Tungau seringkali ditemukan di tempat-tempat yang lembab, seperti springbed, karpet dan furniture lain yang jarang digunakan. 

Memiliki kontak langsung dengan tungau dapat menyebabkan reaksi kulit seperti ruam merah, gatal-gatal, kemerahan, bengkak, dan peradangan. Maka dari itu, untuk mengurangi risiko iritasi kulit yang disebabkan oleh tungau di springbed, disarankan untuk selalu menjaga kebersihan springbed Anda dengan tepat.

Gangguan Tidur

Tungau dapat menyebabkan gangguan tidur melalui beberapa mekanisme seperti alergi, gangguan pernapasan, gatal, hingga stress dan kecemasan. Jika seseorang alergi terhadap tungau, mereka dapat mengalami gejala seperti gatal-gatal, ruam, hidung tersumbat, bersin, dan mata gatal. Gejala ini dapat mengganggu tidur dan membuat seseorang sulit untuk tidur nyenyak. Selain itu, tungau pada springbed juga dapat merangsang reaksi gatal pada kulit dan mengganggu tidur Anda. 

BACA JUGA  Faktor Memilih Mimbar Masjid Yang Berkualitas

Tungau pada springbed juga dapat menyebabkan stres dan kecemasan yang berhubungan dengan kesehatan dan kebersihan. Ketika seseorang tahu bahwa springbednya terinfestasi tungau, mereka mungkin khawatir tentang kemungkinan reaksi alergi atau gangguan tidur yang disebabkan oleh tungau tersebut. Kecemasan ini dapat mengganggu tidur dan menyebabkan sulit tidur.

Memicu Penyakit Asma

Tungau dapat menjadi salah satu pemicu penyakit asma. Tungau ini berkembang di tempat-tempat yang lembab seperti springbed, bantal, dan yang lainnya. Bagi orang yang mempunyai riwayat penyakit asma, paparan tungau debu dapat memicu peradangan dan penyempitan saluran pernapasan sehingga menyebabkan gejala asma seperti sesak napas dan batuk-batuk. 

Untuk mengurangi hal tersebut, bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan tidur supaya tetap bersih dari tungau dan menjaga ventilasi yang baik di ruangan Anda. Selain itu, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli alergi untuk mendapatkan saran khusus terhadap kondisi Anda.

 

Cara Membersihkan Springbed dari Tungau

Cuci Springbed Secara Rutin

Dengan mencuci springbed secara rutin springbed Anda akan terhindar dari tungau, karena tungau menyukai tempat yang lembab untuk berkembang biak, Dengan mencuci spring bed secara rutin, Anda dapat mengurangi kelembaban pada springbed. Dengan mengurangi kelembaban, Anda menciptakan kondisi yang tidak ideal bagi tungau untuk hidup dan berkembang biak.Hal  Ini membantu menghambat pertumbuhan populasi tungau pada springbed.

Gunakan Pelindung Spring Bed Anti Tungau 

Menggunakan pelindung spring bed anti tungau menjadi salah satu langkah efektif untuk menyurutkan tungau. Pelindung spring bed anti tungau yaitu pelindung yang dirancang untuk melindungi springbed dari tungau atau bakteri lainnya. Pelindung ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap tungau sehingga tidak masuk ke dalam springbed Anda. 

Pastikan Anda menggunakan pelindung springbed anti tungau yang sesuai dengan ukuran springbed yang anda miliki. Selain itu, bersihkan pula pelindung spring bed secara rutin supaya tetap terjaga kebersihannya. 

BACA JUGA  Karpet Masjid Berbau Tidak Sedap? Ini Cara Mudah Membersihkanya!

Rutin Menjemur Springbed

Menjemur springbed Anda secara rutin dapat membantu mengurangi populasi tungau dan menjaga kebersihan springbed. Menjemur springbed sama pentingnya dengan mencuci springbed Anda, untuk menghindari dari kotoran yang dapat memicu pertumbuhan tungau tentunya. Dibawah ini terdapat langkah-langkah untuk menjemur springbed dan membersihkannya dari tungau:

  • Hindari menjemur ketika cuaca hujan atau lembab karena dapat meningkatkan pertumbuhan tungau.
  • Angkat springbed dari dipan dan jemur di luar ruangan.
  • Letakkan springbed langsung di bawah panas matahari.
  • Sikat permukaan springbed secara menyeluruh.
  • Jangan lupa untuk mencuci penutup atau lapisan pada springbed.

Selalu Memperhatikan Kelembaban Kamar

Untuk mengatasi tungau dalam kamar, penting untuk selalu menjaga kelembaban kamar agar tetap rendah. Ada beberapa cara yang membantu Anda dalam mengurangi kelembaban dan mencegah adanya tungau, yaitu : 

  • Pastikan kamar memiliki ventilasi udara yang baik
  • Gunakan pengering udara atau dehumidifier untuk mengurangi kelembaban udara dalam kamar
  • Menjaga sirkulasi udara agar tetap baik dengan membuka jendela kamar Anda
  • Hindari penumpukan barang-barang di atas springbed

Dengan selalu menjaga kelembaban udara, akan dapat membantu Anda dalam mengurangi pertumbuhan dan perkembangan tungau di kamar maupun rumah Anda.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi risiko gatal-gatal akibat tungau debu di springbed Anda. Pastikan untuk membersihkan dan mencuci springbed secara teratur agar tidur Anda menjadi lebih nyaman dan bebas dari gangguan alergi. Jaga kebersihan ruangan dan lingkungan tidur Anda agar tungau debu tidak berkembang biak dengan mudah. Dengan perawatan yang baik, Anda dapat menikmati tidur yang sehat dan nyaman di atas springbed Anda. Jika diperlukan gunakanlah jasa profesional untuk mencuci springbed Anda dengan Cuci Springbed Sidoarjo.