Ini Alasan Kenapa Kamu harus Punya Channel Youtube

Diposting pada

Channel youtube adalah saluran khusus video yang bisa dimiliki oleh siapapun, baik perseorangan maupun lembaga. Channel ini hanya bisa diakses menggunakan perangkat digital seperti smartphone dan laptop.

Memiliki sebuah channel youtube itu sama seperti punya sebuah studio televisi dalam versi mini. Kamu bisa melakukan siaran baik online maupun offline dari mana saja asalkan ada koneksi internet.

youtube

Untuk mendaftarnya pun sangat mudah, hanya membutuhkan sebuah akun google (punya email gmail). Umumnya setiap smartphone dengan sistem operasi (OS) android sudah dilengkapi dengan akun google, jadi kamu bisa langsung membuat channel youtube.

Berikut beberapa alasan, kenapa kamu harus punya channel youtube.

Sebagai arsip dokumentasi pribadi

Kalau punya channel youtube kamu bisa mengupload segala bentuk aktivitas dalam bentuk video. Jadi kayak semacam arsip video online gitu sob.. gak usah khawatir jika videomu gak pengen dilihat oleh orang lain, karena bisa disetting privasinya, hanya kamu yang bisa melihat.

Biasanya video yang tersimpan di memori hp kan gampang hilang tuh.. resiko hp rusak, hilang, error atau yang lainya. Jika di upload ke channel youtube, kamu jadi punya arsipnya. Aman selama youtube masih ada kamu bisa membukanya, yang penting email dan password akun google tidak lupa.

Bisa dijadikan sebagai asset digital

Ini yang tidak kalah menarik. Channel youtube bisa dijadikan sebagai aset digital karena bisa mendatangkan income yang menjanjikan. Selain itu, channel yang punya banyak subscribe memiliki nilai jual yang cukup tinggi lo sob.. makanya sekarang banyak yang jadi youtuber kan..

Mulailah dari hal-hal kecil. buat video yang bermanfaat, misal konten tentang tutorial atau review produk barang. Kemudian upload ke youtube. Lakukan sesering mungkin agar koleksi video di channel jadi banyak.

Buat targetan, minimal per minggu harus upload 1 sampai 3 video. Lama-lama juga banyak kan.

Sebagai media sharing ilmu pengetahuan

Layaknya sebuah stasiun tv, melalui channel youtube kamu bisa sharing ilmu pengetahuan dengan cara live streaming. Tapi ini hanya bisa dilihat melalui saluran internet juga ya sob.. gk akan tampil di tv.

Saat lagi pandemi seperti sekarang ini, beberapa acara atau kegiatan yang seharusnya dilakukan secara offline dipindah jadi serba online semua. Nah.. media yang paling mudah digunakan ya channel youtube ini. bisa dilakukan secara live streaming maupun online dengan cara upload video rekaman.

Intinya kalau kamu punya channel youtube, ada banyak manfaatnya loh..

Perlu kamu tau juga… setiap orang bisa memiliki lebih dari satu channel youtube. Jadi tiap channel punya topik yang beda-beda. Misal channel A untuk topik tutorial, channel B untuk topik review, dst.

Demikian alasan kenapa kamu harus punya channel youtube, semoga bermanfaat ya sob.. btw kunjungi juga kangmasian.com, web yang mengupas seputar tekno dan bisnis.