Ini Dia Tahapan pada Cara Pembuatan Kopra Kelapa

Diposting pada

Cara pembuatan kopra kelapa bisa melewati tahapan yang berbeda beda. Karena umumnya kopra adalah hasil kering. Jadi tinggal bagaimana cara mengeringkan yang digunakan dalam membuat kopra. Jadi disini yang akan lebih banyak dibahas yaitu mengenai cara pengeringan yang bisa dilakukan untuk membuat kopra.

Dalam membuat kopra, cara pengeringan yang dilakukan akan bisa berpengaruh pada hasil akhir kopra kelapa itu sendiri. Termasuk pada kualitas kopra. Untuk kamu yang masih belum tau mengenai cara pembuatan kopra kelapa, kamu bisa menyimak artikel ini sampai habis ya! Silahkan disimak!

 

Kopra Kelapa

kopra kelapa

Sesuai dengan namanya, kopra ini tentu saja terbuat dari buah atau daging kelapa. Yang mana dalam pembuatannya buah atau daging kelapa ini harus dipisahkan dulu dari batok kelapanya. Kemudian untuk kopranya sendiri merupakan hasil pengeringan dari kelapa. Jadi pada pembuatannya kamu harus mengeringkan buah atau daging kelapa terlebih dahulu.

Pada pengeringan tersebut nantinya akan dibagi menjadi beberapa, karena untuk mengeringkan tentu kamu memerlukan sesuatu yang bisa membuat panas. Disini kamu juga bisa menggunakan bantuan oven kopra putih, sehingga pada pengeringannya kamu tidak bingung dan kesusahan lagi.

 

Tujuan Pembuatan Kopra Kelapa

Pembuatan kopra kelapa tentu juga bukan tanpa alasan atau bahkan tujuan. Melainkan ada tujuan yang diharapkan bisa dituai saat membuat kopra kelapa ini. berikut merupakan tujuan pembuatan kopra kelapa.

1. Pengawetan

Pengawetan disini dimaksudkan pada buah kelapa itu sendiri, mengingat buah kelapa ini memiliki kandungan dan manfaat yang baik untuk tubuh serta kandungan airnya yang tinggi. Namun kelapa ini merupakan buah yang bersifat alami sehingga sewaktu waktu pasti akan bisa ditumbuhi oleh jamur, bakteri, serangga dan jenis organisme lain yang bisa merusak kandungan kelapa.

Sehingga dengan dibuatnya kopra kelapa atau pengeringan kelapa ini diharapkan akan bisa tetap menjaga kelapa beserta kandungannya. Jadi kelapa bisa akan tetap awet untuk disimpan.

2. Mengurangi Berat

Mengurangi ini juga ditujukan pada berat kelapa asal, yang mana sebelumnya memiliki 50% kadar air. Dan setelah dibuat menjadi kopra maka kadar air yang ada juga akan berkurang atau menurun. Sehingga berat dari buah kelapa akan berkurang. Jadi buah kelapa bisa lebih ringan.

3. Mengkonsentrasikan Minyak

Disini kita membahas mengenai minyak, kandungan minyak yang ada pada kelapa asli umumnya 34% saja, namun setelah menjadi kopra karena melewati tahap penjemuran atau pengeringan maka kandungan minyak yang ada bisa sebanyak 65 – 68 %. Yang mana persentase tersebut adalah baiknya kandungan minyak.

Jadi dengan dibuat kopra, kelapa akan memiliki lebih banyak kandungan minyak.

 

Cara Pembuatan Kopra Kelapa

cara pembuatan kopra kelapa

Umumnya membuat kopra kelapa memang dilakukan dengan pengeringan, namun untuk tahapan atau cara membuatnya akan saya cantumkan disini.

  1. Jemur kelapa dengan cara diletakkan pada lantai pengering atau rak untuk kemudian dijemur pada sinar matahari.
  2. Kemudian jika memang cuaca bagus, dalam waktu 2 hari buah atau daging kelapa bisa dengan mudah dipisahkan dengan tempurungnya.
  3. Setelah buah atau daging kelapanya sudah dipisahkan, keringkan kembali buah atau daging kelapa selama 3 – 5 hari atau setidaknya sampai kelapa bisa benar benar kering supaya bisa disebut sebagai kopra kelapa.
  4. Pada saat masa penjemuran, kamu bisa membalik kopra pada 1 – 2 jam sekali secara bertahap.
  5. Jika memang sudah dipastikan kering maka kopra kelapa sudah jadi.

Untuk cara yang tertampil di atas merupakan cara jika kamu mengeringkan kelapa dengan menggunakan matahari yang lebih lanjutnya bisa disebut sebagai sun-dried. Untuk mengeringkan dengan metode yang lainnya cara yang dilakukan bisa disesuaikan. Atau jika kamu tidak mau ribet kamu bisa menggunakan bantuan mesin pembuat kopra.

 

Penutup

Pada cara pembuatan kopra kelapa, pembahasannya memang tidak mendetail pada caranya. Karena memang cara utamanya hanya dikeringkan. Jadi bagaimana cara atau tahapan yang digunakan itu bisa menyesuaikan dengan cara pengeringan yang dilakukan atau dipilih para produsen kopra kelapa itu sendiri.

Dengan begitu, semoga apa yang sudah tercantum diatas bisa berguna dan bermanfaat ya!