Manfaat Buah dan Cara Menyimpannya dalam Kulkas Agar Buah Tidak Cepat Busuk

Diposting pada

Buah-buahan adalah bahan pangan yang penting untuk dikonsumsi secara rutin. Memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan, tapi bagaimana jika buah yang kita makan khasiatnya menurun? Hal ini sering kali terjadi karena buah yang cepat rusak dan membusuk. Namun, kamu tidak perlu khawatir, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara agar buah tidak cepat busuk. Simak hingga akhir ya!

 

Macam-Macam Buah dan Khasiatnya

cara-agar-buah-tidak-cepat-busuk

Berikut ini beberapa jenis buah lengkap dengan khasiat atau manfaatnya :

1. Buah Alpukat

Pada Alpukat terkandung zat yang baik bagi kesehatan tubuh, yakni seperti omega-9, vitamin A, vitamin B, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, asam sulfat, tembaga, dan serat.

Dengan mengkonsumsi buah alpukat ini, manfaat yang akan kamu dapatkan yakni menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol, mengontrol tekanan darah, mengurangi resiko stroke, mengatur kadar gula darah, menambah berat badan, mencegah kanker, serta bagus untuk kesehatan mata.

2. Buah Anggur

Buah anggur memiliki kandungan vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, vitamin K, glikosida, zat besi, asam galat, mangan, dan juga kalsium. Terdapat pula senyawa lainnya yakni zat polifenol dan juga resveratrol atau yang dikenal dengan antioksidan.

Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu kamu dalam mengurangi risiko penyakit kanker payudara, usus besar, dan juga prostat. Menyehatkan ginjal dan pencernaan, mengontrol gula darah, menurunkan risiko stroke.

3. Buah Apel

Kandungan dalam buah apel yakni vitamin A, vitamin B, vitamin C. Kandungan serat dalam buah apel mampu membuat kita merasakan kenyang lebih lama. Mampu membantu kerja usus halus, mengontrol gula darah, mengurangi risiko gangguan pernapasan, mengatasi diare, menyehatkan jantung, menurunkan kolesterol, mengatasi masalah osteoporosis, serta mencegah dan mengobati kanker.

4. Buah Durian

Buah durian memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, yakni vitamin B, vitamin C, protein, karbohidrat, magnesium, lemak tak jenuh, kalium, fosfor, omega 3 dan omega 6, polifenol, thiamin, dan antioksidan.

Kandungan dalam durian tersebut mampu melancarkan sistem pencernaan, mengatasi insomnia, mencegah kanker, mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan tulang, menurunkan berat badan, meredakan batuk, ningga sebagai afrodisiak alami.

5. Buah Jeruk

Terkenal akan vitamin C yang kaya, jeruk pun memiliki kandungan vitamin A, folat, vitamin B1, beta karoten, antioksidan flavonoid, beta cryptoxanthin, lutein, dan zeaxanthin.

Buah jeruk mampu mencegah penyakit stroke, mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan sistem pernafasan, mengobati sariawan, menjaga stamina, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah pembentukan batu ginjal.

 

Cara Agar Buah Tidak Cepat Busuk

Sering kali solusi untuk menyimpan buah agar tidak cepat busuk yakni disimpan pada kulkas. Akan tetapi, hanya menyimpannya dengan asal-asalan pun tidak menjamin kalau buah akan tetap segar. Oleh karena itu, berikut ini cara agar buah tidak cepat busuk yang bisa kamu ikuti di rumah :

1. Mencuci Buah Dengan Menggunakan Larutan Cuka

Pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencuci buah yang akan kamu simpan dalam kulkas dengan menggunakan larutan cuka. Hal ini bertujuan untuk menurunkan kadar keasaman dalam buah sehingga mencegah pertumbuhan bakteri yang menempel pada permukaan buah.

2. Beri Jarak Antar Buah

 Pemberian jarak antar buah pada penyimpanan dalam kulkas juga dapat berpengaruh pada kualitas buah nantinya. Gas etilen dalam buah ialah gas yang dapat membantu proses pematangan buah, jika bermacam-macam buah dijadikan satu, maka tentunya gas etilen itu akan berkumpul yang justru akan mempercepat proses pembusukan buah.

3. Membekukan Buah

Cara satu ini bisa dilakukan dengan memasukkan dan membekukan buah di dalam freezer. Cara ini bisa membantu agar buah terhindar dari proses pematangan dan pembusukan.

4. Menyortir Buah

Sebelum dimasukkan dan disimpan dalam kulkas, kamu perlu menyortir buah terlebih dahulu dengan seksama. Buah yang rusak atau busuk harus langsung dipisahkan dari buah yang masih segar. Sebab jika disatukan, hal tersebut akan membuat buah yang lainnya ikut membusuk.

5. Gunakan Vacuum Sealer

Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas dan disimpan, buah lebih baik dilapisi wadah ataupun plastik. Yakni dengan menggunakan alat press plastik yang mampu mengemas buah kamu dengan menghampakan udara di dalam kemasan. Hal ini adalah cara agar buah tidak cepat busuk yang efektif untuk dicoba.

 

Itu dia beberapa penjelasan tentang cara agar buah tidak cepat busuk yang bisa kamu coba kamu praktekkan pada buah kamu di rumah. Semoga pembahasan di atas dapat membantu kamu dalam menyimpan buah yang benar agar tidak cepat busuk dan menambah pengetahuan kamu.