Memanfaatkan Daging Kurban Idul Adha dengan Cara Membuat Abon Kambing

Diposting pada

Cara membuat abon kambing merupakan cara yang banyak dicari setelah perayaan hari raya Idul Adha. Setelahnya pasti akan sangat banyak daging yang kita punya, dan sayang sekali rasanya jika daging daging tersebut dibiarkan begitu saja. Karena jika disimpan terlalu lama kualitas dagingnya juga akan semakin menurun dan makin kesini akan kurang sehat jika dikonsumsi.

Ini merupakan sebuah inovasi, dan ide kreatif dalam mengolah daging kambing. Berikut ini akan membahas lebih lanjut mengenai cara membuat abon kambing. Silahkan disimak ya!!!

 

Abon Kambing

abon kambing

Abon merupakan makanan yang biasa dikonsumsi untuk lauk, dan terbuat dari serat daging kambing. Pengolahannya melalui proses direbus, disayat-sayat, dibumbui, digoreng dan di press. Untuk lebih singkatnya biasanya perusahaan besar menggunakan mesin pembuat abon supaya lebih praktis dan tentunya higienis.

 

Manfaat Abon Kambing

Seperti yang kita tau, abon merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia yang biasanya dikonsumsi saat mereka sedang merantau atau perjalanan jauh. Selain praktis, abon juga bisa tahan lama. Berikut merupakan manfaat abon :

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dalam bahan bakunya, kambing mempunyai senyawa selenium yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Baik untuk Perkembangan dan Membentuk Otot

Abon kambing ini memiliki senyawa protein yang baik untuk proses perkembangan dan membentuk otot, jadi baik dikonsumsi untuk kamu yang mau membentuk massa otot.

3. Asupan Energi yang Baik

Dalam abon sapi memiliki kandungan gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi abon kambing kamu akan mendapatkan asupan energi untuk beraktivitas.

4. Mencegah Anemia

Seperti yang kita tau, kambing memiliki kandungan yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Karena itu dengan kamu mengkonsumsi abon kambing kamu juga dapat terhindar dari penyakit anemia.

5. Kenyang Tahan Lama

Abon sapi juga mengandung lemak karena melewati proses penggorengan, dengan begitu maka akan bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

 

Cara Membuat Abon Daging Kambing

cara membuat abon kambing

Bahan :

  • 1kg daging kambing yang sudah dipisahkan dari lemaknya
  • 250ml santan setara dengan ½ kelapa
  • 5 lembar daun salam
  • 2 sendok makan gula jawa dan gula pasir
  • 5 sendok makan minyak goreng

Bumbu halus :

  • 15 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 10 butir kemiri
  • ½ sendok makan ketumbar
  • 1 sendok teh jintan
  • 2 sendok teh garam

Cara membuat :

  1. Langkah yang pertama yaitu potong potong daging secara melintang serat, lalu rebus sekitar 1 jam dan dinginkan. Jika sudah tumbuk daging dengan menggunakan ulekan. Dalam proses ini kamu bisa menggunakan mesin pencabik daging untuk mempermudah.
  2. Setelah daging tadi sudah ditumbuk kamu bisa memisahkan seratnya menggunakan garpu. Pada proses ini kamu dapat memilih serat yang kasar atau halus sesuai dengan selera lalu sisihkan.
  3. Tumis bumbu sampai harum, jika sudah harum tambahkan daun salam serta gula lalu diaduk.
  4. Tuangkan santan lalu diaduk hingga santan berkurang sampai kurang lebih setengah.
  5. Masukkan daging yang tadi telah disisihkan dan disuwir-suwir halus, lalu bolak balik sampai daging kering dan berwarna kecoklatan.
  6. Jika sudah, maka abon daging kambing siap disajikan.

 

Kesimpulan

Berikut tadi merupakan beberapa pembahasan yang dapat ditampilkan pada cara membuat abon daging kambing yang dapat kamu ikuti dan kamu terapkan. Rasa dari abon akan bergantung pada bagaimana cara kamu membuat atau memasaknya. Terlebih lagi daging kambing memiliki berbagai kandungan yang baik untuk tubuh.

Dengan begitu maka kamu bisa mengolah daging kambing pada pembuatan abon dengan cara terbaik. Beberapa manfaat abon kambing juga telah ditampilkan di atas, jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk mulai membuat daging kambing dari Idul Adha mu untuk dibuat abon.

Semoga bermanfaat ya!!!