Pemasangan Kusen Aluminium Yang Benar

Diposting pada

Tahun 2021 ini banyak sekali pilihan rumah minimalis dengan harga yang terjangkau. Banyak sekali pemborong pembangunan perumahan yang menawarkan harga rumah yang tidak terlalu mahal, tapi kualitas rumah juga tidak murahan. Pemilihan bahan pun diusahakan untuk tidak memakan biaya banyak tapi kualitas nomor satu. Salah satunya adalah pemilihan bahan kusen. Kusen sendiri merupakan salah satu bagian yang digunakan untuk menumpu beban daun pintu atau jendela. Anda yang sedang membangun rumah, Anda bisa memilih kusen aluminium untuk rumah Anda.

TREN KUSEN ALUMINIUM

Hingga tahun 2000an, kusen masih tren menggunakan kayu sebagai bahan utama. Tetapi semakin berkembangnya jaman, penggunaan kusen kayu sudah mulai ditinggalkan. Memakan biaya yang mahal, kusen berat, hingga masih terbayang resiko kusen dimakan rayap, penggunaan selain kayu untuk bahan kusen sangat diperlukan. Bahan aluminium menjadi pilihan untuk menggantikan kayu sebagai bahan kusen. Banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan dari kusen aluminium ini.

  1. Bahan yang tahan baik terhadap cuaca. Penggunaan bahan aluminium pada kusen juga tidak menyebabkan penyusutan akibat panas dan cuaca.
  2. Tahan akan karat
  3. Tahan lama karena bahan aluminium ini merupakan bahan yang anti rayap
  4. Biaya untuk pembuatan kusen aluminium lebih murah dan ekonomis
  5. Perawatan yang mudah
  6. Kusen aluminium terbilang ringan

Kelebihan-kelebihan di atas yang akan Anda dapat jika menggunakan aluminium sebagai bahan kusen. Selain itu, Anda juga bisa memilih warna dan ukuran untuk kusen ini. Biasanya penggunaan kusen aluminium ini akan menambah style minimalis dari rumah Anda. Tidak beda jauh dengan kusen kayu, jasa pemasangan kusen aluminium ini akan membantu untuk memasangkan ke area bangunan Anda.

PEMASANGAN KUSEN ALUMINIUM YANG BENAR

Untuk memasang kusen-kusen aluminium ini tidak jauh berbeda, malah terbilang lebih mudah dari memasang kusen kayu. Alat dan bahan perlu disiapkan seperti sealant, sekrup, hingga bor tembok untuk proses pemasangan kusen aluminium. Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana proses pemasangan kusen aluminium.

  • Mulai ukur dan mempersiapkan titik-titik pada dinding sesuai ukuran kusen pintu atau jendela. Setidaknya lubang berukuran 1 sentimeter lebih besar dari kusennya.
  • Tempatkan kusen pada tempat, posisikan dengan tepat untuk membuat kusen dalam posisi tegak lurus
  • Mulai membuat lubang dan lakukan pada lubang-lubang tersebut yang berguna untuk menempatkan sekrup
  • Siapkan pintu dan jendela beserta kacanya. Jika pintu dan jendela terdapat isolasi atau pembungkus, jangan dilepas dahulu sebelum terpasang dengan tepat. Karena hal tersebut dapat membuat bekas goresan pada kusen aluminium.
  • Pasang pintu atau jendela pada kusen beserta aksesoris lainnya (engsel, handle, dan lain sebagainya)
  • Tahap terakhir, mulai diberikan tambahan sealant untuk menutup celah-celah antara dinding dan kusen. Sampai semua celah-celah tertutp dengan sempurna.
  •  
BACA JUGA  6 Opsi Warna Cat Interior Elegan untuk Rumah Minimalis