Resep Keripik Singkong Balado untuk Jualan

Diposting pada

Hello sobat-sobat semuanya, pada kesempatan sekaligus artikel kali ini saya mau bagikan bahasan resep keripik singkong balado untuk jualan. Pastinya resep kali ini juga bisa kalian gunakan bagi sobat sekalian yang ingin berjualan keripik singkong balado.

Tetapi, sebelum masuk ke bahasan tersebut saya ingin terlebih dulu membahas sedikit latar beserta dengan beberapa hal-hal yang masih ada kaitannya dengan singkong ini.

Ga perlu pakai lama lagi dengan basa basi pembukanya, kita langsung masuk ke topik bahasan dari yang berkaitan dengan singkong ini.

resep keripik singkong balado untuk jualan

Singkong

Singkong atau biasa dikenal ketela pohon atau ubi kayu dibeberapa daerah Ini adalah pohon tahunan tropis dan subtropis dalam keluarga Euphorbiaceae.

Singkong biasanya dijadikan sebagai makanan olahan karena kandungan karbohidratnya yang bisa dikatakan besar, sedangkan daunnya biasanya digunakan sebagai sayuran.

Tak sedikit juga orang yang menjadikan singkong ini sebagai alternatif sumber karbohidrat pengganti nasi dalam kebutuhan konsumsinya sehari-hari.

Selain dijadikan makanan olahan, singkong juga sering dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat camilan atau makanan ringan seperti, kerupuk, keripik, ketimus, getuk, serta berbagai macam camilan singkong lainnya.

Di Indonesia, singkong merupakan hasil pangan terbesar kedua setelah beras, jadi Singkong memiliki potensi sebagai bahan baku yang memegang peranan penting bidang makanan dan industri.

Singkong adalah akar pohon atau umbi yang mempunyai panjang diameter fisik rata-rata 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung jenis singkong.

 

Resep Keripik Singkong Balado Untuk Jualan

Kalau tadi saya sudah selesai dengan bahasan latar beserta beberapa hal yang seputaran singkong, sekarang saya akan mulai masuk ke topik pembahasan dari resep keripik singkong balado untuk jualan yang bisa sobat ikuti juga.

Langsung saja ga perlu butuh basa basi semacamnya lagi, kita masuk ke dalam topik bahasan dari resep keripik singkong balado untuk jualan.

Bahan

  • Singkong
  • Air
  • Soda Kue
  • 10 cabe merah keriting
  • 8 cabe merah
  • Bawang putih
  • Asam
  • 1 potong gula merah
  • Garam
  • Penyedap rasa (merk apapun)
  • Lada bubuk (merk apapun)
  • Gula pasir

Langkah Pembuatan

  1. Pertama, sobat sekalian bisa siapkan dulu bahan-bahan yang digunakan untuk membuat keripik singkong baladonya.
  2. Setelah itu, sobat bisa membersihkan singkongnya kemudian mengupasnya terlebih dulu sampai bersih dari kulitnya.
  3. Sesudah dikupas, sobat-sobat bisa mencuci ulang singkongnya lagi agar terbebas dari sisa getah ataupun kotoran.
  4. Kemudian, sobat bisa merendam singkongnya dengan air yang berisikan soda kue dengan waktu kurang lebih 3 jam, hal itu dilakukan dengan bertujuan supaya lunak saat ingin dipotong.
  5. Setelah sekiranya sudah didiamkan 3 jam, sobat bisa memotong singkongnya menjadi bagian tipis-tipis, di tahapan ini sobat juga bisa memakai mesin agar lebih cepat dan efisien pemotongan singkongnya.
  6. Setelah selesai dipotong, sobat bisa menggorengnya sampai matang dan tiriskan minyaknya.
  7. Selanjutnya, sobat bisa membuat bumbu baladonya dengan menghaluskan bawang putih dan cabe, di tahapan ini sobat juga bisa memakai mesin blender agar lebih hemat waktu.
  8. Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan dan tumis cabe hingga harum. Dilanjutkan dengan menambahkan gula merah, air, asem, garam, lada, serta penyedap rasa secara bertahap.
  9. Tumis semua bahan bumbu balado sampai menjadi agak kental seperti karamel.
  10. Selanjutnya kalian hanya perlu memasukkan singkong ke dalam wadah dan memasukkan bumbunya. Kemudian aduk sampai semuanya merata, dan singkong siap untuk disantap.