Agar Persami Lancar Rekrut Dewan Galang, Ini 5 Langkah yang Harus Dilakukan

Diposting pada

Persami merupakan singkatan dari Perkemahan Sabtu Minggu, yang kegiatan tersebut dilakukan pada awal tahun ajaran baru. Perkemahan ini bersifat wajib bagi siswa baru dan merupakan upacara pelantikan atau penerimaan sebagai anggota pramuka. Bagi para pembina pramuka agar kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar maka lakukanlah beberapa hal berikut.

Rekrut Dewan Galang

Perekrutan anggota Dewan Galang sangat penting dan dilakukan setiap awal tahun. Dewan Galang yang sudah terbentuk maka akan dibina selama satu tahun pelajaran sehingga mereka siap menjalankan kegiatan Persami. Dewan Galang yang telah berlatih selama satu tahun maka akan memiliki ketegasan dan kerja sama yang baik.

Latihan Rutin serta Adakan Berbagai Kegiatan Penting

Dewan Galang yang telah terbentuk maka harus selalu menjalani latihan secara rutin sesuai dengan SKU dan SKK. Adakan berbagai kegiatan seperti Dian Pinru, Penjelajahan dan ikutkan mereka di aneka perlombaan. 

Buat Perencanaan yang Matang

Persami yang akan dilakukan pada awal ajaran baru maka perlu direncanakan sejak jauh-jauh hari. Ada berbagai hal yang perlu direncanakan mulai jadwal, kegiatan yang ada di dalamnya mulai dari upacara pembukaan, api unggun hingga penutupan. Upayakan melibatkan berbagai penampilan dari Dewan Galang seperti pertunjukan yel-yel, PBB, dan lain-lain serta disiapkan jauh-jauh hari sebelum persami.

Upayakan Peserta Persami Merasa Tidak Tertekan

Hal yang paling penting selama kegiatan perkemahan wajib ini berlangsung adalah menjadikan para peserta dalam keadaan menikmati. Usahakan jangan membuat mental mereka tertekan dengan terlalu keras dalam memberi pengarahan terhadap peserta. Buat mereka rileks dengan banyak yel-yel, serta pertunjukan kesenian yang menyenangkan pada saat api unggun dan berbagai kesempatan lain.

Tutup Akses Bagi yang Tidak Berkepentingan

Kegiatan yang telah dipersiapkan dengan matang jangan sampai terganggu oleh pihak di luar panitia. Biasanya ada alumni yang tiba-tiba datang dan mencampuri kegiatan. Pastikan tidak ada orang yang masuk ke dalam kegiatan tanpa ada komunikasi terlebih dahulu dengan pembina pramuka.

Persami yang dilakukan dengan persiapan matang akan memberikan manfaat pada para peserta. Siswa baru akan dididik dengan metode kepramukaan yang akan membuat mereka disiplin, tegas dan tentunya melaksanakannya dengan gembira.

Di akhir artikel kali ini, kami akan memberi masukan mengenai Pusat Percetakan Online yang dapat melayani pengiriman ke seluruh daerah di Indonesia, dan menyediakan banyak produk baik atk maupun produk cetak lainnya yang sangat dibutuhkan oleh para guru maupun civitas akademis. Jika ingin memesannya anda bisa langsung klik link diatas.

Demikian artikel kali ini semoga bisa menjadi pengetahuan tambahan dan memberi manfaat. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.