Cara Buat Blog Gratis Bagi Pemula

Diposting pada

Di era serba digital saat ini, platform blogging masih jadi media terbaik untuk orang yang mau mengekspresikan diri dengan cara bebas atau mencoba mencari uang secara online.

Sekarang blog dapat dibuat dengan mudah tanpa harus memahami instruksi pemrograman yang detail dan rumit. Saya menyediakan panduan lengkap membuat blog yang dapat Anda coba di rumah. Yuk simak pada artikel berikut di bawah ini!

 

Cara Membuat Blog Gratis Bagi Pemula

Mulailah membuat blog gratis menggunakan blogger hingga buat blog gratis dengan WordPress. Cobalah berlatih satu per satu dan jangan mudah menyerah.

1. Memulai Pembuatan Blog

Sebelum Anda membuat blog, Anda harus terlebih dahulu melakukan hal berikut:

  • Pilih platform blogging.  
  • Pilih nama domain.
  • Buat akun hosting web.
  • Memasang perangkat lunak untuk blog.
  • Pilih desain dan tata letak yang tepat untuk blog.

2. Memilih Tema Blog

Setelah membuat akun blog, Anda bisa mulai memikirkan tema yang Anda gunakan untuk blog Anda. Sebelum menentukan tema, ada baiknya riset minat dan keterampilan Anda. Dengan memilih tema yang sesuai minat, maka konten yang Anda hasilkan akan menjadi lebih menarik serta Anda tidak pernah bosan dalam pengerjaannya.

Kalau Anda tak tertarik dengan tema yang ditulis, kemungkinan besar tema yang sedang dibahas kurang mendalam serta terkesan tidak berarti, membuat Anda selangkah lagi dari blog sukses.

3. Memulai Penulisan Artikel

Langkah selanjutnya adalah menulis artikel berdasarkan tema yang Anda pilih. Ingatlah jika blog beda dengan buku, jadi Anda perlu menggunakan cara penulisan yang menarik.

Teliti audiens Anda terlebih dahulu dan sesuaikan gaya tulisan Anda agar menarik. Misalnya, kalau Anda membuat blog tentang keuangan, pembaca biasanya adalah pelajar dan pekerja berusia di atas 20 tahun, jadi gunakan bahasa yang lebih formal serta sopan.

4. Menikmati Benefit Blog

Jika blog Anda menjadi terlihat serta banyak pembaca menyukainya, Anda sudah dapat menikmati beberapa manfaat blogging. Salah satunya adalah penghasilan tetap. Selain itu, bidang yang Anda kuasai akan dikenal.

Jadi bagaimana Anda terus mengembangkan blog Anda? Anda terus mencari konten yang lebih menarik sebagai mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.

Jangan lupakan untuk mempromosikan konten Anda dengan membuat judul baik untuk menarik pengunjung, berkolab dengan blogger lain, aktif untuk membagikan konten Anda di media lain, dll.

 

Itulah cara membuat blog gratis bagi pemula, jika Anda ingin membuat website Anda cukup menghubungi jasa pembuatan website dengan jasa pembuatan website, website Anda bisa menjadi lebih menarik dan pastinya websitenya berkualitas.