Cara Mengecek ISSN Jurnal Internasional

Diposting pada

ISSN (International Standard Serial Number) adalah kode identifikasi unik yang diberikan kepada jurnal internasional untuk membantu mengidentifikasi dan membedakan satu jurnal dari yang lain. Mengecek ISSN jurnal internasional bisa dilakukan dengan mudah menggunakan beberapa metode yang disajikan di bawah ini.

Melalui situs ISSN International Centre

ISSN International Centre adalah organisasi internasional yang bertanggung jawab atas penerbitan ISSN di seluruh dunia. Situs web mereka, http://www.issn.org/, menyediakan fasilitas untuk memeriksa ISSN jurnal internasional. Anda dapat masuk ke situs web ini dan memasukkan ISSN jurnal yang ingin Anda periksa. Jika ISSN yang Anda masukkan valid, informasi tentang jurnal akan ditampilkan.

Melalui situs jurnal

Banyak jurnal internasional menyertakan ISSN mereka di situs web mereka. Terutama lembaga yang menawarkan jasa publikasi jurnal nasional. Anda dapat mencarinya dengan menjelajahi halaman tentang jurnal di situs web tersebut atau dengan melakukan pencarian di mesin pencari dengan menggunakan kata kunci "ISSN" dan nama jurnal. Setelah Anda menemukan ISSN jurnal, Anda dapat memeriksanya dengan menggunakan metode pertama.

Melalui database jurnal internasional

Beberapa database jurnal internasional seperti Scopus, Web of Science, dan Directory of Open Access Journals (DOAJ) menyediakan opsi untuk mencari jurnal berdasarkan ISSN. Lembaga publikasi juga memiliki hak untuk menentukan berapa biaya publikasi jurnal sinta yang akan dibebankan kepada author. Anda dapat memasukkan ISSN jurnal yang ingin Anda periksa di kotak pencarian dan database akan menampilkan informasi tentang jurnal tersebut, termasuk judul, ISSN, penerbit, dan informasi lainnya.

Melalui katalog perpustakaan

Katalog perpustakaan biasanya menyertakan informasi ISSN jurnal internasional. Anda dapat mencari jurnal di katalog perpustakaan dengan menggunakan kata kunci "ISSN" dan nama jurnal. Jika jurnal tersedia di perpustakaan, Anda dapat memeriksanya dengan menggunakan metode pertama.

BACA JUGA  Cara Memulai Homeschooling Untuk Anak Anda

 

Dengan menggunakan salah satu metode di atas, Anda dapat dengan mudah memeriksa ISSN jurnal internasional. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa Anda mengutip jurnal yang tepat dalam penelitian atau karya akademik Anda dan memastikan bahwa sumber yang Anda gunakan terpercaya dan sah.