Landing Page: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Diposting pada

Dalam digital marketing, penggunaan landing page terbukti berhasil sebagai salah satu taktik yang dapat meningkatkan traffic dari suatu website. Pastinya sudah pernah mendengar kata landing page kan? Landing page merupakan sebuah halaman web yang mempunyai tujuan tertentu. Landing page digunakan dalam berbagai keperluan, namun pastinya digunakan sebagai salah satu taktik marketing.

 

Pengertian Landing Page

Pastinya Anda sudah sering sekali mendengar jasa landing page yang beredar baik itu di internet maupun di E-commerce. Tapi tau ga sih apa itu landing page? Landing page adalah sebuah halaman pada website yang berguna untuk suatu tujuan tertentu. Biasanya landing page ditandai dengan satu tombol yang disebut Call-to-Action (CTA). Karena mempunyai tujuan tertentu, landing page berbeda dengan halaman homepage. Jika halaman homepage mempunyai banyak Call-to-Action sedangkan pada halaman landing page hanya mempunyai satu Call-to-Action saja. 

Dalam teknik marketing, landing page dibuat untuk mendatangkan lebih banyak traffic pada suatu website. Cara ini merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan SEO off-page dan on-page pada suatu website hingga dapat mengundang organic traffic. Pemanfaatan landing page inilah yang memudahkan mendapatkan posisi pencarian teratas pada mesin pencari. 

 

Jenis-Jenis Landing Page

Ada banyak jenis-jenis landing page yang ada. Namun dalam topik ini akan dijelaskan jenis-jenis landing page berdasarkan fungsinya. 

1. Lead Generating Landing Page

Sesuai dengan namanya, lead generating landing page merupakan landing page yang dibuat untuk mendatangkan lead atau pengunjung website. Data dari lead tersebut biasanya digunakan untuk strategi marketing lanjutan. Biasanya data yang dimaksud berisi nama dan alamat email pengunjung website. Tidak hanya itu, ada juga data yang dilengkapi juga dengan nama akun sosial media hingga nomor telepon pengunjung website. 

BACA JUGA  Strategi Pemasaran Menggunakan Landing Page: Tips dan Trik yang Efektif

2. Click-Through Landing Pages

Berdasarkan fungsinya, landing page jenis ini biasanya berisi promosi atau diskon dari suatu layanan, produk maupun jasa. Landing page ini berfungsi sebagai pemikat agar pengunjung website segera membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Explainer Landing Pages

Fungsi dari landing page jenis ini lebih terstruktur dari dua jenis sebelumnya. Jenis landing page ini biasanya mempunyai informasi yang luas dan jelas. Isi dari landing page jenis ini yaitu menjelaskan manfaat dan fitur dari suatu produk atau layanan. Landing page ini biasanya digunakan untuk mengedukasi pengunjung website dan juga sebagai pemikat pengunjung supaya segera membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

4. Product Detail Landing Pages

Sesuai dengan namanya, landing page jenis ini berisi informasi yang detail mengenai produk atau layanan jasa. Fungsi dari landing page jenis ini yaitu untuk membuat pengunjung website segera membeli layanan atau produk yang ditawarkan di halaman tersebut. 

Fungsi Landing Page

Fungsi utama dari landing yaitu sebagai media untuk mengumpulkan data pengunjung website atau leads. Lead inilah yang dijaga oleh para pelaku bisnis. Dari pengumpulan data tadi, selanjutnya data lead akan diteliti yang kemudian diharapkan dapat melakukan pembelian di masa mendatang. Fungsi kedua yaitu sebagai media untuk mempercepat transaksi. Halaman dari landing page mempunyai distraksi yang sangat minim sehingga secara tidak langsung memberikan jalan bagi pengunjung untuk mengakses atau membeli produk yang ditawarkan. 

Contoh Landing Page

Berikut merupakan contoh landing page dari brand-brand terkenal yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda dalam membuat landing page.

Ruang Guru

Ruang guru adalah perusahaan teknologi yang berfokus kepada pendidikan. Dapat dilihat di atas, landing page pada ruang guru menampilkan diskon hingga 75% dan mengarahkan kepada pembelian diskon tersebut. 

BACA JUGA  Aplikasi Avatar

Mokapos

Moka merupakan platform yang terdiri atas aplikasi kasir, toko online, pembayaran, manajemen inventory hingga pinjaman uang. Dapat dilihat di atas, landing page Moka mengarahkan untuk menghubungi lewat WhatsApp dan Jadwal Demo. 

Zalora

Zalora merupakan salah satu E-commerce yang terkenal di Indonesia. Pada landing page zalora di atas mengarahkan pengunjung untuk membeli dengan menawarkan promosi spesial THR hingga 80%. 

 

Itulah tadi informasi seputar landing page. Landing page sendiri sangat berguna jika anda mempunyai usaha baik itu produk atau layanan jasa. Namun, di zaman sekarang banyak sekali jasa yang menawarkan pembuatan landing page sehingga anda tidak perlu repot-repot dalam membuat landing page sendiri.