Mengenal Apa itu Backlink dan Jenis-Jenisnya

Diposting pada

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya mengenai apa itu backlink. Adanya aturan dari google yang membatasi gerak-gerik yang dinilai bisa merugikan banyak orang, membuat konsep backlink sulit untuk dipahami. Salah satu penyebabnya adalah kehadiran algoritma Google Pinguin. Supaya kamu bisa lebih paham mengenai apa itu backlink, simak pembahasan dibawah ini.

 

Apa itu Backlink?

Backlink secara umum merupakan link referensi yang diarahkan ke website lain dari sebuah website. Salah satu metrik  yang tidak bisa dipisahkan dan menjadi bagian penting dari search engine adalah pengertian dari backlink. Bahkan sampai saat ini Web crawl Google masih menggunakan backlink sebagai sebuah jalur untuk menelusuri sebuah konten website, yang kemudian membentuk database hasil dari pencarian yang relevan. Backlink juga memiliki beberapa manfaat lain selain menunjang kinerja mesin pencari. 

 

Jenis-jenis Backlink

Backlink memiliki beberapa jenis yang bisa kamu gunakan untuk melakukan optimasi sebuah website. Beberapa jenis backlink ini juga bisa kamu kombinasikan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

1. Contextual backlink

Contextual backlink menjadi salah satu jenis backlink terbaik yang bisa kamu dapatkan. Contextual backlink disukai oleh engine karena dua alasan dan sangat powerfull. Alasan pertama yaitu karena mampu memberikan kemudahan untuk user yang ingin mencari informasi rujukan dari sebuah artikel. Sedangkan yang kedua yaitu mampu memberikan recommendation dan skema vote secara natural sesuai dengan konsep web crawl. 

Hanya saja backlink jenis ini sangat sulit untuk didapatkan, apalagi jika kamu ingin mendapatkan backlink dari website yang besar dan terkenal. Namun, kamu bisa membayar jasa dengan menggunakan jasa backlink untuk mengatasi masalah ini. Walaupun cara ini masih tidak natural dan abu-abu, tapi banyak perusahan besar yang masih melakukannya.

2. Backlink komentar

Backlink komentar tentu sudah tidak asing lagi untuk para blogger ataupun web developer. Kamu bisa mendapatkan backlink ini secara gratis dari website apapun, namun dengan catatan mereka mengizinkan kamu untuk menaruh link. Namun, untuk mendongkrak authority sebuah website backlink komentar ini kurang bisa diandalkan. Tetapi, backlink ini bisa digunakan untuk mempererat pertemanan atau hanya sekedar branding dengan sesama blogger supaya website kamu semakin terkenal.

3. Backlink profile

Jenis backlink yang didapat dari aksi membuat sebuah akun di sebuah layanan atau website merupakan pengertian dari backlink profile. Efektivitas dari backlink ini tidak terlalu powerfull untuk melakukan optimasi sebuah website di mesin pencari.

4. Backlink social signal

Sosial media seperti twitter dan facebook bisa menjadi sumber backlink untuk kebutuhan optimasi website. Google mengumumkan algoritma social signal tahun 2014-2015 dimana perangkat web bisa dipengaruhi oleh berapa  banyak link yang dibagikan ke media sosial.

5. Backlink guestbook

Mungkin backlink guestbook menjadi salah satu jenis backlink yang paling tua, perlahan kehadiranya juga saat ini sudah semakin tidak relevan seiring dengan perkembangan algoritma Google. Sebenarnya sangat mudah untuk mendapatkan backlink guestbook karena website biasanya menyediakan fitur  yang digunakan untuk saling bertegur sapa. Dulu backlink jenis ini sangat terkenal karena bisa menjadi ajang memperkenalkan website satu sama lain. Namun, backlink guestbook sudah kurang powerfull untuk kebutuhan optimasi SEO Modern.

6. Backlink blogroll

Sebenarnya para praktisi SEO sudah jarang mempraktekan backlink blogroll tetapi masih bisa dijadikan sebagai opsi. Backlink blogroll biasanya berbentuk list atau daftar yang mencangkup banyak blog baik sejenis atau tidak. Posisinya juga cukup beragam, ada yang diletakkan di sebuah halaman khusus yang dibuat sengaja untuk menampung blogroll atau di bagian widget sidebar.

 

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu backlink semoga bisa membantu kamu yang belum paham mengenai backlink. Untuk kamu sedang mencari layanan backlink yang relevan dan berkualitas, kamu bisa menggunakan Jasa Backlink PBN. Layanan ini langsung ditangani oleh orang yang profesional, sehingga website kamu memiliki branding yang bagus di mata Google.