Pentingnya Perawatan Lantai Lapangan Bulu Tangkis

Diposting pada

lantai karpet vinyl sintetis dan parket kayu banyak digunakan untuk lapangan bulu tangkis maupun lapangan olahraga di sekolah, perguruan tinggi, dan pusat olahraga masyarakat. Lantai karpet untuk lapangan badminton warnanya hijau cerah, biasanya disertai logo, dan tanda untuk menghasilkan tampilan fasilitas olahraga yang mengesankan dan profesional.

Namun, pastinya seiring berjalannya waktu karpet badminton tersebut akan tampak bekas lecet dan kotoran akibat permukaan sepatu yang dikenakan para atlet. Kotoran yang menumpuk dan bekas lecet membuat lantai terlihat kusam, kotor, dan usang, sehingga memerlukan pembersihan dan perawatan rutin untuk mempertahankan kilau dan keamanannya.

Di bawah ini beberapa tip tentang cara membersihkan dan merawat lantai lapangan bulutangkis sintetis untuk penggunaan yang lama dan berulang.

Perawatan harian karpet sintetis lapangan badminton. 

  • Periksa dan hilangkan bahan lengket seperti selotip, permen karet, dll. Hati-hatilah saat mengikis permukaan karpet.
  • Gunakan pel debu mikrofiber, yang dirancang khusus untuk lantai permukaan olahraga indoor, untuk membersihkan seluruh permukaan. Hindari menggunakan alat pel komersial karena nanti akan meninggalkan residu di lantai. Pastikan, Anda menggunakan sapu yang tepat untuk lapangan Anda – baik parket kayu atau karpet sintetis.
  • Hindari menggunakan pembersih berbahan dasar amonia atau bahan-bahan keras lainnya. Gunakan hanya pembersih lantai seperti yang disarankan oleh produsen untuk membersihkan permukaan.
  • Anda dapat menggunakan penggosok otomatis dengan larutan pembersih lantai yang direkomendasikan untuk membersihkan permukaan karpet sintetis. Tapi jangan pernah menggunakan scrubber otomatis pada permukaan kayu. Jika Anda menggunakan penggosok (scrubber) otomatis yang dioperasikan dengan baterai, isilah baterai dengan baik sebelum digunakan untuk menghindari kebocoran asam
  • Di gedung di mana AC tidak tersedia, gunakan kipas sirkulasi atau ventilasi.
  • Untuk membersihkan lantai sebelum turnamen atau acara penting, gunakan cairan pembersih/pengencer/cuka putih dan pel lantai dengan searah untuk mengembalikan kilau lantai.
  • Membatasi penggunaan sepatu selain sepatu kets di lapangan. Tidak boleh ada sepatu atau sandal kulit di lantai. Hanya sepatu kets dengan sol putih yang diizinkan.

Tips perawatan lapangan lantai kayu

  • Pengamplasan listrik harus dilakukan setiap interval 2-3 tahun. Ini menghilangkan undulasi kecil, yang dihasilkan akibat penggunaan berulang dan mengembalikan kekasaran yang diperlukan untuk cengkeraman yang baik. Ini juga diperlukan agar tampilan lantai parket tetap seperti baru.
  • Gunakan lapisan permukaan anti selip dari waktu ke waktu untuk meningkatkan cengkeraman kaki pemain.
  • Papan yang rusak harus segera diganti agar pemain tidak cedera akibat kerusakan lapangan.
  • Kikis cat lama di dekat tiang net bulu tangkis dan aplikasikan cat baru. Berikan tampilan segar secara keseluruhan pada lantai lapangan bulu tangkis Anda dengan mengecat ulang tiang jaring yang ada secara berkala.
  • Penting untuk menjaga kebersihan permukaan lapangan olahraga. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan pads khusus yang dibasahi dengan cairan pembersih lantai kayu yang ramah lingkungan untuk menghilangkan permen karet yang kotor.

Sangat penting untuk memiliki tanda garis lapangan yang terlihat jelas untuk membantu pemain mengambil keputusan yang benar dalam waktu singkat selama pertandingan bulu tangkis. Garis penanda yang jelas juga meningkatkan tampilan lapangan secara keseluruhan.

Artikel ini persembahan dari LAP-OR Lapangan Online