3 Aplikasi Terbaik Pengganti Zoom untuk Pembelajaran Daring

Diposting pada

Di masa pandemi popularitas Zoom semakin meningkat, banyak orang yang melakukan berbagai hal seperti WFH, belajar Online dan sebagainya. Namun belakangan ini muncul jumlah permasalahan yaitu soal privasi keamanan pengguna dan ada beberapa perangkat tidak kompatibel dengan aplikasi Zoom.

Kebutuhan aplikasi meeting online semakin meningkat, tidak heran kalau banyak orang mulai mencari alternative aplikasi meeting online terbaik selain Zoom. Oleh karena itu kali ini kami akan merekomendasikan 3 aplikasi terbaik pengganti Zoom untuk pembelajaran daring, WFH ataupun sekedar ngobrol.

Berikut adalah ketiga aplikasinya :

1. Google Meet

Di urutan pertama kita punya aplikasi google meet. Google meet adalah layanan komunikasi video yang kembangkan oleh perusahaan besar Google. Selain zoom aplikasi ini sudah sangat popular di dunia. Google meet sendiri adalah versi pengganti dari google hangout yang mampu ditampilkan aplikasi web, aplikasi android bahkan aplikasi ios.

Aplikasi google meet sekarang sudah dapat membuat rapat online dengan peserta hingga 100 orang dan durasi 60 menit. Walaupun dengan fitur yang begitu banyak aplikasi ini sekarang gratis di gunakan oleh semua user akun google.

Fitur-fitur google meet :

  • Rapat atau kelas online dengan sangat mudah 
  • Kompatibel di berbagai perangkat
  • Terdapat layar pratinjau video dan audio
  • Kontrol yang lengkap bagi penyelenggara rapat/kelas online
  • Mengenai tata letak serta setelan layar mudah untuk disesuaikan
  • Kita dapat saling bertukar pesan alias chat dengan peserta yang lain
  • Kita dapat berbagi layar dengan peserta yang lain 
  • Integrasi dengan aplikasi Google dan Microsoft Office yang dimana kita bisa mengakses google meet ini lewat gmail juga sekarang.

2. Skype

Skype merupakan aplikasi komunikasi buatan Microsoft yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan obrolan baik di dalam bentuk teks, telepon, maupun panggilan video. Skype dapat digunakan untuk belajar secara online dengan jumlah peserta maksimal hingga 50 orang dengan durasi maksimal sampai 4 jam. Skype dapat digunakan melalui berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, Xbox one, computer, bahkan hingga smartwatch.

Banyak fitur-fitur seperti pesan teks, mengirim file foto, video, sticker dan sebagainya.

Namun inilah beberapa fitur utama dalam Skype

  1. Panggilan Video berkualitas HD
  2. Smart Messaging dan Private Conversations
  3. Screen Sharing
  4. Call Recording dan Live Subtitles

3. Discord

Discord sebuah software atau aplikasi chat mengirim pesan instan, audio , gambar maupun video. Discord sudah sangat dikenal di kalangan para gamer. Karena memang sejak awal rilis pada bulan Mei tahun 2015, Target utama desain dari discord adalah kalangan komunitas game.

Namun sekarang discord sudah digunakan oleh berbagai kalangan untuk melakukan serangkaian aktivitas online, seperti bisnis, programming bahkan belajar online. Discord dapat digunakan oleh banyak jenis perangkat mobile, PC, bahkan bisa di akses melalui web secara gratis. Sekarang Discord sudah memiliki lebih dari 250 juta akun dan 14 juta pengguna yang online setiap harinya.

Kalian bisa bergabung dengan server yang disediakan dan langsung dapat berkomunikasi dengan berbagai fitur-fitur yang mudah digunakan.

Cara menggunakan discord untuk pembelajaran daring yaitu :

  1. Download atau akses terlebih dahulu aplikasi discord
  2. Setelah mendownload buat akun terlebih dahulu
  3. Setelah kalian selesai membuat akun kalian sudah bisa membuat server.
  4. Setelah server di buat, kita bisa membagikan link undangan untuk teman-teman kita yang akan bergabung dengan rapat.
  5. Sama seperti aplikasi meeting lainnya ketika kita tidak ingin membuat server kita juga bisa memasukan kode invit dari guru atau orang lain yang memiliki server.

Itulah 3 aplikasi pengganti Zoom Meeting yang bisa digunakan. Namun, jika sekolah menginginkan aplikasi yang bisa memberikan banyak informasi kepada para siswa secara online, Anda bisa menggunakan jasa web sekolah. Disini, sekolah dapat mengunggah berbagai konten pembelajaran, informasi umum, dan lainnya secara online. Sehingga akan lebih memudahkan siswa untuk mengakses informasi tersebut.